Cabang Keraton Agung Sejagat di Klaten Dipimpin Mahamenteri

Prasasti Keraton Agung Sejagat 'cabang' Klaten/dtc.

SEMARANG | patrolipost.com – Keraton Agung Sejagat di Purworejo ternyata telah memiliki cabang di beberapa daerah, salah satunya di Kabupaten Klaten. Cabang ‘keraton’ ini dipimpin oleh seorang dengan jabatan mahamenteri bernama Wiwik dan memiliki 28 orang pengikut.

“Kita temukan cabang Keraton Agung Sejagat di beberapa kecamatan di Kabupaten Klaten, dipimpin oleh seorang mahamenteri Keraton Agung Sejagat, bernama Wiwik,” kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iskandar F Sutisna kepada wartawan, Kamis (16/1/2020).

Bacaan Lainnya

Iskandar menjelaskan, cabang tersebut ada di Desa Brajan, Kecamatan Prambanan, Klaten. Di lokasi tersebut ditemukan batu prasasti, sendang kecil bertulisan ‘Sendang Panguripane Jagad’, dan tempat pertemuan. Seragam kerajaan juga ditemukan di sana.

“Di sana sudah ada batu prasasti, tempat pertemuan, dan papan nama. Pengikutnya berjumlah 28 orang,” imbuh Iskandar.

Beberapa orang yang diduga pengikut Keraton Agung Sejagat cabang Klaten telah dimintai keterangan polisi. Ada tiga warga dari Kecamatan Prambanan.

“Ada dua warga desa saya yang diminta datang ke polsek. Didampingi perangkat desa juga,” kata Rahmat, Kaur Perencanaan Desa Brajan, Prambanan.

Menurut Rahmat, dua warganya yang dimintai keterangan berinisial SD dan SA, berkaitan dengan kasus Keraton Agung Sejagat di Purworejo.

“Iya, hubungan kasus di Purworejo. Sejak 2016 sudah pernah saya ingatkan keduanya, tapi beralasan organisasinya sudah berizin,” lanjut Rahmat.

Satu orang lainnya berinisial WU, warga Desa Kebondalem Lor. Ketiganya dimintai keterangan di Polsek Prambanan.

Diberitakan sebelumnya, hasil pemeriksaan polisi terhadap ‘Raja’ Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Toto Santoso kerajaan buatannya itu disebut juga ada di Klaten, Yogyakarta, dan Lampung.  Toto dan ‘Ratu’ Fani Aminadia ditangkap Selasa (14/1) dan ditetapkan sebagai tersangka atas tuduhan melakukan penipuan dan membuat keonaran. (807)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.