Giliran Sunda Empire – Earth Empire  Bikin Heboh

Foto anggota kelompok Sunda Empire yang beredar di medsos.

BANDUNG | patrolipost.com – Belum reda heboh yang ditimbulkan Keraton Agung Sejagat di Purwokerto, muncul lagi fenomena serupa dengan nama Sunda Empire-Earth Empire di Bandung. Hebatnya lagi, kelompok Sunda Empire mengklaim anggotanya berasal dari 54 negara.

Di Purwokerto pasangan suami istri mengukuhkan diri sebagai Raja dan Ratu Agung Sejagat, kemudian mengukuhkan dirinya melalui prosesi kirap budaya diikuti puluhan orang berpakaian ala kerajaan. Di Bandung, kelompok yang menamakan diri Sunda Empire ini tampak mengenakan seragam ala tentara, baik perempuan maupun laki-laki.

Bacaan Lainnya

Video serta foto-foto yang memperlihatkan aktivitas kelompok ini tersebar di Facebook dan YouTube sejak Kamis (16/1/2020). Akun YouTube bernama Alliance Press International mengunggah sebuah video berupa wawancara dengan salah satu petinggi di kelompok itu bernama HRH Rangga. Video sendiri diunggah pada 6 Juli 2019.

Dalam video itu, pria berseragam dengan topi flat cap biru muda itu bercerita soal Sunda Empire-Earth Empire. Menurutnya, Sunda Empire-Earth Empire itu merupakan sebuah kekaisaran matahari.

“Sunda Empire Earth Empire itu adalah kekaisaran matahari, kekaisaran bumi. Juga diartikan Sunda itu suku Sunda tapi ini adalah tindakan, proses turun temurun kekaisaran dari dinasti ke dinasti dan saat ini dinasti Sundakala,” ucap pria yang ditulis dalam video bernama HRH Rangga.

Menurut dia, Sunda Empire-Earth Empire ini terbagi menjadi enam wilayah. Pertama ada Sunda Atlantik di mana Bandung sebagai tera cop diplomatik dunia.

“Kedua, Sunda Nusantara adalah tatanan negara di mana tatanan tersebut dimulai dari benua Australia, Papua New Guinea, Indonesia di dalamnya, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam benua Cina seluruhnya. Mongolia, kemudian Rusia di dalamnya dari beberapa negara, kemudian Jepang. Kemudian sampai ke Korea Selatan dan Korea Utara. Kurang lebih Sunda Nusantara meliputi 54 negara di dunia,” tuturnya.

“Selanjutnya Sunda Eropa, kemudian Sunda Pasifik, kemudian Sunda Archipelago, kemudian Sunda Mainlek,” kata dia menambahkan.

Menurut dia Sunda Empire-Earth Empire atau kekaisaran itu berada di bawah pimpinan perdana menteri dunia atau Grand Prime Minister. Di bawahnya, ada Gubernur Jenderal yang memimpin Sunda Nusantara.

“Bicara nusantara bukan bicara Indonesia, ada 54 negara. Kalau itu dia adalah Gubjen Eropa itu the king of king. Istilah kerennya Gubjen,” katanya.

Sementara itu Pemerintah Kota Bandung melalui Kesbangpol tengah menelusuri terkait kelompok tersebut.

“Akan menelusuri dulu,” ucap Kepala Kesbangpol Kota Bandung Ferdi Ligaswara, Jumat (17/1/2020).
Ferdi mengatakan, pihaknya akan menelusuri terkait kelompok Sunda Empire-Earth Empire itu. Pasalnya, hal itu bisa saja berbenturan dengan aturan hukum yang berlaku.

“Tentu saja kan itu ada ranah hukumnya, sementara kita kan negara hukum. Jangan membuat kegaduhan atau hal-hal yang berbenturan dengan aturan,” kata Ferdi. (*/807)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.