LPD Jehem Duduki Peringkat Dua di Kecamatan Tembuku

  • Whatsapp
Bupati Bangli I Made Gianyar serta Pengurus LPD Adat Jehem, saat potong tumpeng serangkaian HUT LPD Jehem ke-30, Selasa (13/1/2020).

BANGLI | patrolipost.com – Sebagai lembaga keuangan desa, Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Jehem, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Bangli,  berkembang sangat pesat. Saat ini LPD sudah memiliki asset Rp 24 miliar, dan menduduki posisi kedua di Kecamatan Tembuku.

Peringatan HUT LPD Jehem ke-30 serta dirangkaikan dengan laporan pertanggung jawaban pengelolaan LPD selama 2019, berlangsung di balai banjar Jehem Kaja, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Bangli, Selasa (13/1/2020). Nampak hadir dalam acara HUT LPD Jehem ke -30, Bupati Bangli I Made Gianyar, Camat Tembuku Ida Bagus Suandi, Kabag Ekonomi I Gusti Ngurah Alit Miasa, dan Perbekel Jehem I Nengah Tesan.

Bacaan Lainnya

Ketua LPD desa adat Jehem I Nyoman Dacin mengatakan, LPD Jehem ini berdiri  tahun 1990 tepatnya pada tanggal 14 Januari 1990 dengan SK Nomor 36 tahun 1990. LPD Jehem mempunyai Visi terwujudnya kesejahteraan krama Desa Adat Jehem menuju kemandirian Desa Adat Jehem dengan LPD yang sehat dan produktif. Visi ini sejalan dengan Visi pemerintah Kabupaten Bangli yakni Membumikan Ajaran Tri Sakti, Bung Karno untuk mewujudkan masyarakat Bangli yang  Gita Santi, utamanya misi yang pertama, yaitu membangkitkan ekonomi lokal.

Menurut Nyoman Dacin, awal LPD Jehem ini berdiri  pada tahun 1990 mengelola dana sebesar Rp 2.000.000 dan pada tahun 1991 mendapat bantuan dari pemerintah sebesar Rp 2.500.000 sehingga menjadi Rp 4.500.000 dan sampai saat ini per 31 Desember 2019 telah mempunyai aset sebesar Rp 24.077.807.249,20 miliar.

Diakui jika pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan pengelolaan LPD sehingga ke depanya lebih baik lagi. Dan tentunya menambah kepercayaan dari nasabah.

“Pencapaian LPD tidak lepas dari dukungan masyarakat yang mempercayakan pengelolaan dana di LPD,” ujarnya sembari mengatakan,  masyarakat Desa Jehem sebagian besar menggeluti kerajinan sanggah.

Sementara  Bupati Bangli I Made Gianyar menyampaikan keberadaan lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Bali sebagai lembaga perekonomian desa, telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Begitu juga di Kabupaten Bangli keberadaan LPD memiliki peran dan manfaat bagi pembangunan sebuah Desa Adat, LPD memberi banyak manfaat dalam kegiatan sosial, dan Budaya.

Bupati Made Gianyar menilai, LPD Jehem telah mampu membangkitkan usaha-usaha kecil di masyarakat dengan memberikan bantuan pinjaman kepada pengusaha rumahan di lingkungan Desa Jehem.

I Made Gianyar mengungkapkan rasa bangganya kepada LPD Jehem karena setiap tahunnya pendapatan LPD Jehem selalu meningkat dan juga kesadaran masyarakat Jehem telah mempercayakan uanggya disimpan di LPD supaya LPD menjadi lebih maju.

“Pengawasan dari prajuru adat yakni bendesa adat Jehem telah berjalan dengan baik, disamping itu karena transparansi yang dilakukan pegawai LPD kepada masyarakat. Semoga nantinya kesadaran masyarakat Jehem lebih tinggi kepada LPD Jehem,” ungkap Bupati Made Gianyar. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *