Lewat Kearifan Lokal, Bali Siap Jadi Percontohan Rencana Pembangunan Rendah Karbon

  • Whatsapp

Kementerian PPN/Bappenas dengan Gubernur Provinsi Bali dan Gubernur Provinsi Riau mengenai Pembangunan Rendah Karbon (PRK) yang diselenggarakan di Kantor Gubernur Provinsi Bali, Selasa (14/01/2020).

 

Bacaan Lainnya

 

DENPASAR | patrolipost.com – Sebagai salah satu Provinsi yang gencar menyuarakan pembangunan berkelanjutan, Provinsi Bali siap menjadi contoh Rencana Pembangunan Rendah Karbon melalui Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Gubernur Provinsi Bali, I Wayan Koster menyebutkan, Rencana Pembangunan Rendah Karbon yang dicanangkan oleh Bappenas sesuai dengan Visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

“Ini sudah cocok dengan visi Nagun Sat Kerthi Loka Bali, menjaga alam yang bersih, apalagi Bali tidak hanya butuh memang, tapi karena kearifan lokalnya yang mengajarkan demikian, dan Bali sebagai destinasi wisata dunia harus membangun image yang bagus,” papar I Wayan Koster saat Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU), antara Kementerian PPN/Bappenas dengan Gubernur Provinsi Bali dan Gubernur Provinsi Riau mengenai Pembangunan Rendah Karbon (PRK) yang diselenggarakan di Kantor Gubernur Provinsi Bali, Selasa (14/01/2020).

Selain itu, untuk memperkuat proses perencanaan pembangunan melalui integrasi antara program pelestarian lingkungan, program penanganan perubahan iklim, dan percepatan pertumbuhan ekonomi, Pemerintah Provinsi Bali mengeluarkan beberapa kebijakan. Diantaranya adalah Peraturan Gubernur Bali Nomor 49 Tahun 2019 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang rencananya akan diterapkan tahun ini.

“Jadi supaya alamnya bersih, mengurangi polusi, udaranya juga jadi bersih, sehat, kita akan terapkan dengan sistem zonasi terutama untuk wilayah-wilayah destinasi wisata, seperti di Ubud, Sanur, Kuta, dan Nusa Penida,” katanya.

I Wayan Koster siap mendukung serta menjalankan Rencana Pembangunan Rendah Karbon dengan menjadikan Bali sebagai percontohan. Begitu sebaliknya Iwayan Koster juga berharap dukungan penuh pemerintah pusat dalam mendukung pembangunan Bali.

“Saya harapkan sekali bapak menteri mendukung kebijakan kami yang sejalan dengan arahan bapak, supaya Bali ini betul -betul berkelanjutan pembangunannya kedepan,” tuturnya. (cr01)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *