Beringin Tumbang, Timpa Palinggih di Pura Puso Kayang

Petugas BPBD Bangli bersama warga mengevakuasi pohon tumbang di arel Pura Puseh di Dusun Kayang, Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli, Minggu (12/1/2020). 

BANGLI | patrolipost.com – Hujan disertai angin kencang menyebabkan dahan pohon beringin tumbang dan  menimpa bangunan Pura Puso di Dusun Kayang, Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli,  Sabtu (11/1/2020) pukul 20.00 Wita. Petugas langsung melakukan pemangkasan pohon dan pemadaman listrik di areal pura.

Menurut Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangli, I Ketut Gde Wiredana, ada beberapa bangunan yang ditimpa pohon beringin. Diantaranya satu palinggih rusak berat, satu pelinggih rusak ringan. Selain menimpa bangunan suci dahan  pohon beringin juga menimpa kabel PLN yang melintang di areal pura,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Sementara untuk upaya penanganan, kata Gede Wiredana, dilakukan mulai pukul 09.00 Wita sampai pukul 11.00 Wita. “Sebelum dilakukan evakuasi diawali melaksanakan  upacara Yadnya oleh pihak pengempon,” kata pria asal Banjar Gaga, Desa Tamanbali ini.

Proses evakuasi diawali dengan pemutusan jaringan listrik oleh pihak PLN. Kemudian dilanjutkan dengan penanganan oleh personel BPBD. Petugas memangkas dahan pohon yang melintang dari menimpa bangunan suci.

Pemangkasan itu dikerjakan secara gotong-royong oleh sejumlah pihak. Tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam kejadian itu. Karena di pura saat kejadian tak ada aktivitas keagamaan.

“Untuk kerugian material sekitar Rp 75 juta, syukur tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut,” kata Gede Wiredana. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.