“Buku Kuning” Golkar Bali Catatan dan Solusi Arah Pembangunan Bali

Gde Sumarjaya Linggih (tengah) bersama pengurus DPD Partai Golkar Provinsi Bali.

 

Bacaan Lainnya

DENPASAR | patrolipost.com – Usai menggelar refleksi pembangunan Bali sepanjang tahun 2019 yang dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) tanggal 30 Desember 2019 lalu, akhirnya DPD Partai Golkar Bali berhasil merangkum poin apa saja yang bisa direkomendasikan kepada pemerintah Provinsi Bali dalam melaksanakan pembangunan Bali kedepannya.

“Buku Kuning” Golkar Bali yang terdiri dari 20 halaman ini disusun oleh Dewan Pakar Ekonomi DPD Golkar Bali yang berisi tentang solusi dan kajian arah pembangunan Bali antaranya, solusi dan kajian di bidang ekonomi, solusi dan kajian di bidang politik, solusi dan kajian di bidang budaya, yang terakhir solusi dan kajian di bidang sosial.

Secara gamblang dalam buku ini diulas persoalan dan solusi perjalanan pembangunan daerah Bali. “Buku Kuning” ini bisa dianggap representatif dari grand design pembangunan Bali, lantaran berisi pokok-pokok pikiran para pakar yang hadir dalam acara FGD, baik dari kalangan pengusaha, akademisi, politisi dan praktisi.

Yang menjadi catatan dari kehadiran buku ini, bagaimana implementasi “Buku Kuning” Golkar Bali mampu diterjemahkan oleh pemerintah daerah sebagai salah satu referensi Pola Pembangunan Semesta Berencana “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” yang merupakan visi Gubernur Bali, I Wayan Koster.

Buku yang telah dikirimkan ke masing-masing kepala daerah kabupaten/kota serta provinsi Bali, penting mendapat pendampingan dari para anggota DPRD kabupaten/kota/provinsi dalam implementasinya. Tak salah kiranya sebagai lembaga legislatif, mitra kerja eksekutif, para anggota dewan Fraksi Golkar mestinya mampu mengambil peran dalam menentukan arah pembangunan daerah Bali, mendorong serta menjalankan fungsi kontrolnya.

“Kegiatan Focused Group Discussion (FGD) Refeksi Akhir Tahun merupakan “Catatan Kritis Pembangunan Bali 2019” yang dilaksanakan oleh DPD Partai Golkar Provinsi Bali, merupakan upaya untuk memberikan kontribusi pemikiran terhadap pelaksanaan pembangunan di daerah Bali,” ungkap Plt Ketua DPD Golkar Bali, Gde Sumarjaya Linggih di Sekretariat DPD Golkar Bali saat mensosialisasikan “Buku Kuning” partai Golkar di hadapan media, Selasa (7/1/2020).

Dikatakan, secara keseluruhan, Partai Golkar mengapresiasi pembangunan yang tengah berjalan, namun juga tidak lepas dari beberapa catatan kritis sekaligus solusi demi tercapai hasil pembangunan yang maksimal.

“Terimakasih kami ucapkan atas partisipasi dari seluruh pakar, tokoh dan para pemangku kebijakan yang telah menyampaikan pokok-pokok piki rannya dalam FGD sebagaimana telah dirumuskan dalam buku sederhana ini,” tuturnya, sembari berujar, semoga hasil FGD ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan daerah demi tercapai kesejahteraan masyarakat Bali. (473)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.