Anggota Dewan Tuding Penanganan Bencana Lamban

  • Whatsapp
Anggota DPRD Bangli Satria Yuda.

BANGLI | patrolipost.com – Anggota DPRD Bangli Satria Yuda  menuding penanganan bencana yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih lamban. Sepatutnya sebagai instansi yang menangani masalah kebencanaan harus sigap dan cepat tanggap.

”Kami menilai kinerja BPBD dalam penanganan bencana masih sangat lamban dan kinerjanya perlu digenjot,” jelas  Satria Yuda, Minggu (5/1/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya apa yang disampaikan  bukan mengada-ada. Buktinya saat terjadi musibah pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik berikut warung milik warga di Dusun Tanggahan Peken, Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Sabtu (4/1) petugas BPBD baru tiba di lokasi dua jam setelah kejadian.

”Padahal jarak kantor BPBD dengan lokasi kejadian  kurang lebih 5 km dengan jarak tempuh sekitar 20 menit. Justru petugas datang dua jam setelah kejadian,” ungkap politisi dari PDIP ini.

Kata Satria Yuda, berbicara masalah penanganan bencana memang tidak bisa dilakukan sendiri oleh BPBD namun harus perlu dukungan  OPD terkait seperti dari Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Lingkungan Hidup dan Satpol PP. Dalam penanganan bencana perlu adanya sinergitas antar OPD dan yang paling penting lagi menghilangkan ego sektoral antar OPD.

”Ego sektoral harus dihilangkan kalau masih mengedepankan rasa ego tentu penanganan akan lamban dan yang merasakan dampaknya adalah masyarakat,” tegasnya.

Sementara melihat  kondisi cuaca ekstrem yang kerap terjadi belakang ini  perlu disikapi  dengan langkah nyata. Dimana untuk petugas harus tetap ada yang standby di kantor sehingga begitu ada laporan bisa segera turun.

”Perlu ada pengaturan jam tugas (piket) sehingga setiap harinya ada petugas yang standby di kantor,” sarannya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *