Cuaca Ekstrim, Pohon Bertumbangan di Wilayah Bangli

  • Whatsapp
Pohon tumbang hancurkan bangunan milik warga.

BANGLI | patrolipost.com – Cuaca ekstrim ditandai dengan turunnya hujan  disertai angin kencang mengakibatkan beberapa pohon tumbang di wilayah Bangli. Selain menimpa jaringan kabel listrik, pohon tumbang juga menghancurkan  beberapa bangunan milik warga, Sabtu (4/1)

Dari data yang dikeluarkan  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangli, pohon tumbang terjadi di beberpa titik. Sementara  proses evakuasi selain melibatkan masyarakat  juga dibantu petugas dari BPBD, TRC Dinas PU, TNI dan Polri serta Pol PP.

Bacaan Lainnya

Kepala Pelaksana BPBD Bangli I Ketut Gede Wiradana mengatakan, hujan yang disertai tiupan angin yang cukup kencang menyebabkan terjadinya pohon tumbang di beberapa titik wilayah Bangli.

Beber Gede Wiradana, pohon tumbang terjadi di Dusun Tegalasah Kaja, Kecamatan Tembuku menimpa dapur dan kendang ayam milik I Wayan Laba. Akibat musibah tersebut mantan pegawai Pengadilan Negeri Bangli itu mengalami kerugian sekitar Rp 50 juta .

Pohon  jenis kelapa tumbang  dan menimpa  bangunan  gudang milik Jro Mangku Pucak (69) di Libngkungan/Kelurahan Kubu, Bangli.

Selain itu kencangnya tiupan angin juga mengakibatkan pohon jenis cempaka tumbang dan menimpa  jaringan kabel listrik  dan atap warung milik Jro Mangku Bujangga di Banjar Tanggahan Peken, Desa Sulahan, Kecamatan Susut.

Pohon tumbang juga terjadi di ruas jalan Bangli-Kintamani tepatnya di Desa Sekardai, sehingga sempat mengganggu arus lalin. “Untuk proses evakuasi  selain dibantu warga juga melibatkan tim dari instansi terkait,” jelas I Ketut Gede Wiradana, seraya menambahkan akibat musibah pohon tumbang yang terjadi tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Bertalian dengan cuaca  yang tidak menentu, pihaknya mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan dan menghidari areal tebing dan pepohonan.

“Memasuki musim penghujan kami mengimbau masyarakat untuk tetap  menjaga kewaspadaan,” harap Gede Wiradana. (750)

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *