Bayi 7 Hari Ditinggalkan Ibunya Dalam Kardus Bersama Surat Wasiat

  • Whatsapp
Kapolresta Pekanbaru bersama istri melihat kondisi bayi di RS Bhayangkara Polda Riau.

PEKANBARU | patrolipost.com – Seorang ibu meninggalkan bayinya yang masih berusia 7 hari di dalam kardus di teras rumah Pak RT. Bersama bayi itu juga ditemukan surat wasiat yang meminta agar bayinya dirawat dengan baik.

Penemuan bayi di dalam kardus ini sontak menggegerkan warga Jalan Garuda Sakti, Gang Kampar, Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu (4/1/2020). Bayi malang berusia tujuh hari itu diduga dibuang oleh orangtuanya.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya mengatakan, bayi dalam kardus tersebut ditemukan di teras depan rumah Ketua RT 01 RW 09 Zulfahmi. Di dalam kardus tersebut, juga ditemukan sepucuk surat.

“Bayi lahir tgl 28 des 2019. Berkenan merawat bayinya dengan baik semoga yang merawatnya akan dapat rejeki dari Tuhan YME,” tulis surat tersebut.

“Bayi ini diduga ditinggalkan orangtuanya. Saat ini kami sedang mencari siapa pemilik bayi tersebut. Sementara bayi kami bawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau untuk diberikan perawatan,” sebut Nandang.

Setelah dicek petugas medis, kondisi kesehatan bayi tersebut baik. Bayi memiliki berat badan 4,3 kg dan panjang badan 54 cm. Nandang menjelaskan, bayi mungil itu pertama kali ditemukan oleh warga bernama Yusmaniar (50) sekitar pukul 05.30 WIB.

Saksi yang sedang berdiri di depan rumahnya mendengar suara tangisan bayi. Yusmaniar kemudian memanggil suaminya Iwan (60). Setelah suara tangisan bayi itu dicari, kedua saksi menemukan bayi tersebut di dalam kardus di teras rumah tetangganya, Zulfahmi, yang merupakan Ketua RT setempat.

“Bayi saat ditemukan dalam kardus dengan memakai pakaian lengkap, kain bedong, topi dan selimut. Kondisinya saat itu basah dan kedinginan. Bibirnya sedikit menghitam, tapi tidak menangis,” sebut Nandang.

Saksi kemudian memanggil ketua RT mengenai temuan bayi laki-laki di teras rumahnya. Selanjutnya, Ketua RT melaporkan kepada Bhabinkamtibmas Kelurahan Simpang Baru dan dibawa ke Polsek Tampan. Petugas Polsek Tampan membawa bayi tersebut ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau untuk dirawat.

Kapolresta Pekanbaru dan istrinya, Vina Nandang sempat datang melihat bayi tersebut dan memberikan susu serta perlengkapan bayi di RS Bhayangkara Polda Riau, Jl Kartini, Pekanbaru. (807)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *