Wabup Kasta Tinjau Bencana Pohon Tumbang Akibat Cuaca Ekstrim

Wabup Made Kasta saat turun memantau musibah pohon yang tumbang.

SEMARAPURA | patrolipost.com – Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta meninjau langsung beberapa titik bencana pohon tumbang disebabkan hujan deras disertai angin kencang, Sabtu (4/1/2020) sore. Adapun titik lokasi bencana yang ditinjau antara lain: Tiing Adi, Kusamba, Goa Lawah, dan Belatung.

Dalam tinjauan di lapangan Wabub menyampaikan, rata-rata pohon yang tumbang adalah pohon yang sudah tua dan angin yang berhembus juga sangat kencang sehingga menyebabkan akar pohon tidak mampu menopang batangnya. Wabup Kasta mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga menghadapi periode musim hujan, waspada tanah lonsor, banjir, angin kencang dan pohon tumbang.

Bacaan Lainnya

“Bagi masyarakat yang melihat kejadian dan yang terkena bencana, diharapkan menghubungi BPBD Kabupaten Klungkung, dimana BPBD sudah mempunyai Tim Reaksi Cepat untuk menanggulangi bencana,” ujar Wabup Kasta.

Kalak BPBD Putu Widiada dalam laporannya menyampaikan, di Kabupaten Klungkung ada 9 titik lokasi bencana pohon tumbang yang disebabkan oleh hujan disertai angin kencang. Titik-titik lokasi bencana tersebut diantaranya: di Desa Nyalian pohon tumbang menyebabkan Anak Agung (67) menderita luka-luka dan sudah dibawa ke IGD RSU Klungkung dalam keadaan sadar, di Batutabih pohon tumbang menimpa mobil Toyota Rush menyebabkan bemper depan mobil tersebut hancur.

Selanjutnya di Sengguan pohon manga menimpa kabel listrik dan lampu penerangan jalan patah, di Jalan Kenyeri pohon tumbang menimpa kabel dan bangunan, di Tiing Adi pohon tumbang menimpa akses jalan.

Di Goa Lawah pohon tumbang menutup setengah akses jalan, di parkiran Goa Lawah pohon tumbang menimpa warung salah satu pedagang. Di Belatung pohon tumbang  menutup setengah akses jalan utama, dan terakhir di Nusa Penida tepatnya di depan Pura Ped, pohon tumbang menutup setengah akses jalan.

Semua pohon tumbang sudah langsung ditangani oleh Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Klungkung. Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Klungkung apabila ada bencana dan apabila ada pohon yang dirasa membahayakan, bisa menghubungi call centre BPBD Klungkung di nomor 2300.

“Bila ada pohon yang perlu dimitigasi atau dirasa berbahaya di musim hujan seperti sekarang bisa menghubungi call centre BPBD agar bisa segera diatasi,” ujar Widiada. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.