2020, Banjir di Jakarta Semakin ‘Merata’

  • Whatsapp
Salah satu perumahan elit di Jakarta yang terendam banjir.

JAKARTA | patrolipost.com – Mengawali tahun baru 2020, Rabu (1/1) Kota Jakarta direndam banjir akibat hujan deras sejak Selasa (31/12/2019) malam. Beberapa kawasan yang selama ini tidak tersentuh banjir, hari ini malah tergenang sampai 70 cm.

Misalnya Pulo Cempaka, Kemandoran, Grogol Utara,  dan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan yang selama ini aman, sekarang malah berubah menjadi telaga. Seorang warga yang sudah menghuni kawasan Pulo Cempaka sejak 1970-an, Yati (64) mengaku baru kali ini banjir masuk ke rumahnya.

“Kayaknya udah 31 tahun enggak ada banjir di rumah, baru hari ini air masuk sampai setinggi betis,” kata Yati seperti dikutip Tempo.

Sementara itu berdasarkan laporan laman Twitter resmi Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya dalam satu jam terakhir, banjir terjadi secara merata di lima kotamadya Jakarta.

Di Jakarta Selatan pada pukul 05.49 WIB banjir terjadi di daerah Pesanggerahan, di depan Kantor Lurah Kalibata, terpantau air setinggi 80 sentimeter-100 sentimeter. Kemudian pukul 05.44 WIB dan di depan Gedung KPKJI Rasuna Said juga tergenang air setinggi 20 sentimeter-40 sentimeter.

Sementara itu di Jakarta Utara, banjir terjadi di kawasan Kelapa Molek, Kelapa Gading Timur dengan genangan air setinggi 30 sentimeter-60 sentimeter. Di depan Astra Jalan Yos Sudarso Jakarta Utara juga terjadi banjir dengan tinggi 20 sentimeter. Di TL Perintis Kelapa Gading, Jakarta Utara banjir setinggi 30 sentimeter-40 sentimeter yang membuat kawasan tersebut tak bisa dilintasi kendaraan.

Banjir juga terjadi di sejumlah titik di wilayah Jakarta Pusat. TMC Polda Metro Jaya mencatat, banjir di Jalan Bangau 6, Gunung Sahari sudah mulai memasuki rumah. Kemudian, banjir setinggi 30 sentimeter-40 sentimeter terjadi di depan Polsek Johar Baru Jalan Tanah Tinggi Barat.
Di wilayah Jakarta Barat, banjir terpantau terjadi di Jalan Marga Jaya, Rawa Buaya, Jakarta Barat dan sudah memasuki rumah. Adapun Jalan Bambu Kuning 8 Kelurahan Cengkareng Barat untuk sementara tidak bisa dilintasi semua jenis kendaraan bermotor.

Selain itu, banjir di Perumahan Kalideres Permai, Jakarta Barat terpantau telah memasuki rumah. Air di sana setinggi 30 sentimeter-40 sentimeter di Jalan Daan Mogot, Cengkareng, banjir mengakibatkan lalu lintas arah Kalideres dialihkan melalui Ring Road Purikembangan. Wilayah Jakarta Timur juga terpantau dilanda banjir pada Rabu pagi.

TMC Polda Metro Jaya mencatat, banjir terjadi di RW 07 Kelurahan Makasar dan di Pasar Induk Kramatjati. Selain itu, banjir setinggi 50 sentimeter-60 sentimeter terjadi di kilometer 3.800 Tol Jatinegara. Kondisi ini membuat seluruh kendaraan yang berasal dari Tol Priok menuju Cawang dikeluarkan di Exit Tol Rawamangun. Selain Jakarta, banjir terjadi di Bekasi pada Rabu pagi. TMC Polda Metro Jaya mencatat, banjir terjadi di Perumahan Pondok Melati, Pondok Gede, Bekasi dan sudah memasuki rumah.

Kemudian, banjir terjadi di wilayah Rawa Panjang, Bekasi Timur dan sudah memasuki rumah. Untuk diketahui, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah Jakarta sejak Selasa malam. Hingga pergantian tahun, kondisi hujan sedang hingga lebat masih berlangsung. Pada Rabu dini hari, hujan sedang hingga lebat tetap berlangsung. Pantauan Kompas.com, hingga berita ini ditulis, hujan lebat masih terjadi di wilayah Kalibata dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (807)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *