Per Desa di Badung Terima Rp 10,2 M sampai Rp 18,7 Miliar

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam acara penyerahan Pagu Anggaran kepada desa tahun anggaran 2020 di Puspem Badung, Senin (30/12).

MANGUPURA | patrolipost.com – Tahun anggaran 2020 setiap desa di Kabupaten Badung menerima dana desa berkisar antara Rp 10,2 M (terendah) hingga Rp 18,7 M (tertinggi). Total anggaran untuk desa, baik dari pusat dan Pemkab Badung mencapai Rp 591 miliar lebih.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Wabup I Ketut Suiasa dan Kajari Badung Hari Wibowo menyerahkan Pagu Anggaran kepada Desa tahun anggaran 2020 yang terdiri dari Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah, Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa kepada Desa se-Kabupaten Badung bertempat di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Senin (30/12).

Bacaan Lainnya

Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Komang Budhi Argawa melaporkan, sejak tahun 2018 telah dilakukan perubahan kebijakan formula pengalokasian dana ke desa, yakni melalui perubahan formula dengan penyesuaian bobot jumlah penduduk, jumlah banjar, jumlah penduduk miskin, luas wilayah dan Indek Kesulitan Geografis (IKG) serta dengan memasukan variabel desa berprestasi. Khusus untuk dana desa, ada tambahan indikator desa sangat tertinggal dan desa tertinggal dengan jumlah penduduk miskin tinggi.

Untuk tahun 2020, Pemkab Badung menerima Dana Desa sebesar Rp 56,2 M lebih, tiap desa menerima dana terendah sekitar Rp 900 juta dan tertinggi Rp 2,2 M. Untuk ADD sebesar Rp 43 M lebih, tiap desa, dimana yang terendah menerima Rp 750 juta, tertinggi  Rp1,4 M. Pajak daerah dan retribusi daerah sebesar Rp 492 M lebih, desa terendah menerima Rp 8,7 M dan tertinggi Rp 16 M.

Sehingga total dana yang diserahkan ke desa tahun 2020 sebesar Rp 591 miliar lebih dimana setiap desa menerima, mulai terendah sekitar Rp 10,2 M sampai paling tinggi sekitar Rp 18,7 miliar.

Bupati Giri Prasta menekankan, bahwa dana tersebut harus dikelola dengan baik demi kesejahteraan masyarakat di desa. Diharapkan pula apa yang menjadi komitmen Presiden Jokowi yakni membangun desa, harus dapat diwujudkan di Badung dengan program desa membangun. Artinya pembangunan di desa harus memanfaatkan potensi sumber daya yang ada di desa tersebut sehingga dapat mewujudkan desa yang mandiri dan desa berdikari.

“Kami sudah memetakan mana desa di Badung yang berkembang, maju dan berdikari. Dalam hal ini desa harus piawai mengelola anggaran, demi peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” harap Bupati.

Sementara itu Kajari Badung Hari Wibowo menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Badung yang sangat luar biasa memberikan dukungan kepada desa. Diharapkan bantuan ini dapat terus bergulir guna membangkitkan perekonomian di masyarakat.

Terkait dengan optimalisasi pembangunan di desa, pihak Kejari Badung telah menyiapkan program pendampingan kepada desa yaitu program “Jaga Desa” (Jaksa Garda Desa), termasuk tim evaluasi APBDes. (634)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.