Kodam IX/Udayana Gelar Komsos Kreatif di Lapangan Puputan Badung

DENPASAR | patrolipost.com – Kodam IX/Udayana menggelar “Komsos Kreatif Kodam IX/Udayana TA 2019”  berupa Lomba Tari Kreasi/Inovasi dan Lomba Melukis yang diikuti sejumlah pelajar SLTP dan SLTA, serta Sanggar Seni Tari dan Komunitas seni Tari se-Bali, di Wantilan Museum Bali dan Panggung Selatan Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung (Lapangan Puputan Badung), Denpasar, Sabtu
(14/9).

Komsos kreatif kali ini mengusung tema “Melalui
Kegiatan Komsos Kreatif, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan
Kebangsaan dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara serta Menjaga dan
Mempertahankan Kedaulatan NKRI”. Tujuannya untuk menjalin komunikasi
sosial yang sehat dan harmonis melalui perlombaan-perlombaan untuk
meningkatkan silaturahmi antara prajurit Kodam IX/Udayana dengan seluruh
komponen masyarakat.
Pangdam IX/Udayana Majen TNI Benny Susianto, SIP, dalam amanat
tertulis yang dibacakan Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Jemz A Ratu
Edo, saat membuka acara mengatakan, komunikasi sosial (komsos) merupakan salah satu metode pembinaan teritorial (binter) dalam rangka memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan kepada segenap komponen bangsa. Sehingga terwujud kemanunggalan TNl-rakyat dan meningkatnya partisipasi komponen bangsa di bidang pertahanan negara.

Penyelenggaraan kegiatan komsos kreatif ini merupakan salah satu metode binter dalam bentuk baru dan mampu menciptakan pesan baru melalui pesan gerak tari dan seni melukis. Makna pesan yang disampaikan melalui konstruksi komsos kreatif atau melalui berbagai media yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi wilayah serta memanfaatkan potensi kearifan lokal yang dimiliki daerah, juga diarahkan pada terwujudnya ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh dalam rangka pertahanan negara aspek darat.

Diharapkan, kegiatan komsos kreatif ini dapat bermanfaat untuk menumbuhkembangkan, mengasah, dan mengelola kreativitas anak Indonesia yang berkualitas melalui keterampilan seni tari dan melukis.

“Selain itu, lomba yang digelar ini dapat menjadi inspirasi bagi instansi atau organisasi kemasyarakatan lainnya untuk melakukan kegiatan atau hal serupa. Sehingga ke depan tercipta generasi baru Indonesia yang memiliki jiwa cinta Tanah Air serta mampu mengangkat harkat, martabat, dan kejayaan bangsa di kancah nasional maupun dunia,” demikian harapnya.

Hasil akhir dari kegiatan Komsos Kreatif Kodam IX/Udayana TA 2019 tersebut,  untuk Lomba Melukis dijuarai Putu Agus Prema Myliakusuma (SMAN 1 Blahbatuh Gianyar), disusul I Gusti Made Sathadarmawan (SMAN 4 Denpasar), dan Ni Komang Sri Mahyoniariasih (SMPN 3 Denpasar), serta Made Agus Hadidinanta  M (SMPN 1 Gianyar) sebagai juara favorit.

Pada Lomba Seni Tari, Sanggar Seni Manik Metu terpilih sebagai juara 1. Sedangkan juara 2 dan 3, masing-masing Sanggar WS Dancer, dan Komunitas Seni Tari HATI, sedangkan juara favorit diraih Ganapati Art Production.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Waasrendam IX/Udayana, para Waas Kasdam IX/Udayana, para Waka Balakdam IX/Udayana, Kabag Pertamanan Pemkot Denpasar, Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana, dewan juri dari ISI Denpasar dan Pemerhati Seni Bali, para direksi beberapa instansi pendukung, Barisan Anak Kolonk Udayana (Barakuda), dan Forum Putra Putri Udayana (FPPU), serta masyarakat Kota Denpasar. (jok)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.