Terima Penghargaan Kerthi Bhuwana Sandhi Nugraha 2019

Kreasi pertunjukan seni Bentara Budaya Bali.

GIANYAR | patrolipost.com – Sejak tahun 2009 Bentara Budaya Bali berkiprah dalam seni dan budaya nusantara. Akhirnya pemerintah Provinsi Bali memberikan anugrah penghargaan Kerthi Bhuwana Sandhi Nugraha 2019.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi provinsi Bali atas pengabdian dan kontribusinya komunitas seni dalam memajukan dan mempertahankan seni dan budaya.

Bacaan Lainnya

Di tahun ini, pemerintah provinsi Bali juga memberikan kepada 40 lembaga komunitas atau sanggar seni, termasuk salah satunya Bentara Budaya Bali.

“Tentu kebanggaan kami menerima penghargaan ini, setelah 10 tahun berkiprah. Inilah hasil kerja keras kami, kedepan kami akan lebih kental dalam memadukan bentuk seni dan budaya yang bergaya anak muda,” tutur Warih Wisatsana, selaku Kulator Bentara Hudaya Bali.

Kata dia, secara khusus setiap program dan agenda yang diselenggarakan sedijibawal diniatkan sebagai upaya ‘transfer of knowledge’ atau perluasan kesadaran akan pengetahuan yang ditujukan kepada kaum melenial atau generasi muda masa kini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Prov.Bali Dr.I Wyan Adnyana, M.Sn., mengungkapkan bahwa penghargaan yang diberikan ini mengingat kinerja dari program yang dijalankan Bentara Budaya Bali sejalan dengan visi misi dari program pemerintahan I Wayan Koster dan  Tjokorda Oka AA Sukawati.

“Selain sejalan, progam di bidang kebudayaan yakni menjadikan tradisi, seni dan busaya sebagai tata cara kehidupan krama Bali dengan pelembagaan,” tutur Adnyana.

Pemerintah berharap, komunitas atau sanggar seni budaya juga mampu merangkul serta menemumbuh kembangkan minat masyarakat terutama generasi muda di berbagai daerah  dalam menjaga dan mengembangkan nilai seni dan budaya yang ada di lingkungan daerahnya.

“Upaya tersebut dapat dilakukan dengan melalui peningkatan perlindungan, pembinaan, pengembangan dan pemanfaatan objek-objek kebudayaan Bali,” pungkasnya. (738)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.