Kapolda Resmikan Paviliun Prashanti Raditya Grihasta

Kapolda meninjau ruang rawat Paviliun Prashanti Raditya Grihasta.

DENPASAR | patrolipost.com – Kapolda Bali Irjen Pol Dr Petrus R Golose meresmikan Paviliun Prashanti Raditya Grihasta Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar, Jumat (27/12/2019). Fasilitas kesehatan Polda Bali ini merupakan hibah dari Pemkab Badung yang pembangunan dimulai bulan Mei 2019 sampai 16 Desember 2019.

Acara peresmian dihadiri Sespusdokkes Polri Kombes Pol dr Asep Hendradiana, SpAn, KIC, MKes, Kabidyankes Kombes Pol Dr dr Purwadi MS, MARS, SST, MK, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr Ketut Suarjaya, MPPM dan undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua Bhayangkari Daerah Bali Ny Barbara Golose didampingi Kapolda Bali Irjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose, dilanjutkan dengan peninjauan oleh kapolda ke setiap ruangan dan mengecek fasilitas yang ada.

Gedung Paviliun ini terdiri dari empat lantai. Lantai dasar dipergunakan  sebagai parkir kendaraan pengunjung dan pasien, lantai 1 merupakan ruang rawat inap yang terdiri dari ruang kebidanan dan bayi, dan kamar perawatan (kelas 1, 2, dan 3). Lantai 2 merupakan kamar perawatan pasien (VIP, VVIP, kamar kelas 1 dan 2), secara keseluruhan terdapat 53 tempat tidur.

Karumkit Bhayangkara Denpasar Pembina dr Ni Made Murtini, MARS dalam laporannya menyampaikan Paviliun Prasanti Raditya Grihasta yang berarti “Rumah yang Memancarkan Kedamaian dan Ketenangan” merupakan bantuan hibah dari Bupati Badung. Pembangunan dimulai pada bulan Mei 2019 sampai 16 Desember 2019.

Disampaikan pula gedung ini mendapat bantuan alat kesehatan dari Kapusdokkes Polri. Sehingga diharapkan setelah peresmian gedung ini dapat segera dioperasikan untuk melayani masyarakat, khususnya anggota Polri dan keluarganya.

Irjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose dalam sambutannya mengatakan, pembangunan sarana kesehatan di setiap daerah merupakan langkah strategis yang harus diambil oleh setiap pimpinan daerah, sebagai upaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi setiap masyarakat yang membutuhkan pertolongan khususnya di bidang kesehatan. Selain itu pembangunan sarana kesehatan merupakan langkah nyata dalam meningkatkan sumber daya manusia yang unggul.

“Paviliun ini setelah dibangun ulang dengan dilengkapi fasilitas kesehatan modern membuat saya terenyuh dan teramat sangat terharu setelah mengecek paviliun Prashanti Raditya Grihasta,” terang Kapolda.

Kapolda mengucapkan amat sangat berterima kasih berkat bantuan dari Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta SSos yang anggarannya disetujui oleh Ketua DPRD Badung Dr Drs I Putu Parwata MK, MM paviliun ini bisa terwujud.

Kapolda mengatakan ide pembangunan gedung ini berawal ketika mengunjungi seniornya yaitu KBP Drs Ndang Supriyatna yang merupakan Kepala Biro Logistik Polda Bali sedang dirawat inap di RS Trijata – Denpasar. Saat itu Kapolda melihat keadaan Rumah Sakit Bhayangkara dari fasilitas lampu termasuk tidak memenuhi syarat sebagaimana layaknya rumah sakit. Selain itu keadaan rumah sakit pada saat itu belum terakreditasi.

“Dari situ saya mencanangkan untuk melakukan renovasi bangunan lama dan bantuan daripada Bupati Badung juga bisa diselesaikan diawal tahun 2018. Setelah melihat itu, beberapa kali saya juga terus mendatangi sampai kita mempunyai fasilitas Hiperbarik dari Pusdokkes Mabes Polri,” terang Kapolda.

“Di sini kita bisa ketahui, sepanjang tahun 2019 sebanyak 40 orang anggota Polri meninggal. Ini termasuk tinggi tingkat kematian di Polda Bali. Saya minta supaya setiap anggota bisa dikolonoskopi. Kolonoskopi adalah prosedur yang dilakukan untuk memeriksa kondisi usus besar dan bagian akhir dari usus besar (rektum) guna mendeteksi adanya ketidaknormalan pada usus besar dan rektum, seperti jaringan usus yang bengkak, iritasi, luka, polip, atau kanker,” tambah Jenderal Bintang Dua tersebut.

Selain itu, dengan diresmikannya Paviliun Prashanti Raditya Grihasta, dari jumlah ruang inap sebelumnya 55 ruangan menjadi 87 ruangan. Kapolda memerintahkan kepada Kabid Dokkes dan Karumkit Bhayangkara search semua anggota Polda Bali kira-kira lagi perawatan dimana, untuk segera taking care ke rumah sakit bhayangkara. Sehingga menyambut tahun baru 2020 paviliun ini bisa bermanfaat untuk anggota Polri khususnya Polda Bali.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini saya selaku pimpinan Polda Bali mengucapkan terima kasih kepada Bupati Badung yang telah memberikan kelancaran dan kemudahan dalam pembangunan Paviliun Prasanti Raditya Grihasta RS Bhayangkara Denpasar ini. Semoga dengan dibangunnya gedung ini dapat memberikan peningkatan dalam hal pelayanan serta kenyamanan bukan hanya untuk anggota Polri dan keluarganya, namun juga untuk masyarakat Bali yang membutuhkan,” tutup Kapolda. (hms/007)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.