Enam Bulan Ditunggu, Beasiswa SD dan SMP di Bangli Tak Kunjung Cair

Foto ilustrasi/net

BANGLI | patrolipost.com – Pencairan dana beasiswa baik bagi siswa berprestasi dan siswa yang mendapat nilai sempurna dalam ujian nasional hampir enam bulan lamanya belum cair. Realita ini dipertanyakan oleh para orangtua siswa SD dan SMP di Bangli.

Sementara untuk beasiswa diberikan kepada  siswa SD  se-Kelurahan Bangli yang berprestasi di bidang akademik. Sedangkan untuk tingkat SMP diberikan menyeluruh di empat kecamatan.

Bacaan Lainnya

Salah satu orangtua siswa, mengatakan  hampir enam bulan menunggu dana beasiswa belum masuk. Padahal begitu tahu mendapat beasiswa, pihak sekolah menganjurkan agar segera membuat rekening.

“Katanya nanti dana akan ditransefer lewat rekening, tapi hampir enam bulan ditunggu uang beasiswa itu belum juga masuk rekening,” sebut Ibu Agung.

Kasi Peserta Didik Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Bangli, Ni Ketut Sariani saat dikonfirmasi terkait pencairan beasisa bagi siswa berprestasi mengatakan, pencairan memang mengalami keterlambatan karena  masih menunggu  perangkat hukumnya dalam bentuk Peraturan Bupati (Perbub).

“Untuk payung hukumnya adalah Perbup, namun karena  Perbup belum turun  dan juga melihat siswa waktu menjelang tutup tahun, maka  untuk pencairan  menggunakan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas,” ujar Ni Ketut Sariani, Kamis (26/12).

Kata  Ni Ketut Sariani, dengan adanya SK Kepala Dinas untuk  proses pencairan dana beasiswa  bisa dilakukan secepat mungkin. “Beberapa hari lagi dana beasiswa sudah ditansfer ke masing-masing rekening siswa,” sebutnya.

Lanjutnya untuk beasiswa diberikan kepada siswa  yang  berprestasi di bidang akademik  mulai dari  tingkat  SD yakni dari kelas I  sampai kelas VI dan untuk tingkat SMP dari kelas VII sampai kelas IX. “Untuk masing-masing  kelas  dicari tiga  besar,” ungkapnya.

Sementara untuk beasiswa berpretasi khusus untuk  SD  yang ada di Kelurahan, sementara tingkat SMP diberikan menyeluruh. Jumlah SD se-Kelurahan Bangli sebanyak 16 SD. Sedangkan jumlah SMP di Kabupaten Bangli sebanyak 29 SMP.

“Selain beasiswa berprestasi juga ada beasiswa bagi siswa yang nilainya sempurna dalam UN,” jelasnya.

Disinggung terkait besaran  beasiswa yang diterima oleh siswa,  beasiswa berpresatasi tingkat SD, untuk juara 1 di kelasnya mendapat beasiswa Rp 400 ribu, juara II mendapat Rp 350 ribu dan juara III  Rp 300 ribu. Sedangkan untuk tingkat SMP juara 1 mendapat dana beasiswa Rp 400 ribu, juara II Rp 300 ribu dan juara III Rp 250 ribu.

Sementara untuk beasiswa bagi siswa yang meraih nilai sempura dalam mata pelajaran yang di UN kan untuk tingkat SD sebesar Rp 1,5 juta dan tingkat SMP Rp 2 juta.

“Total anggaran yang diplot pemerintah daerah untuk beasiswa SD dan SMP sebesar Rp 184.700.000,” kata Ni Ketut Sariani. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.