Peternak Lebih Untung Kirim Sapi Bali Melalui Pelabuhan Celukan Bawang

GM Pelindo III Celukan Bawang Rio Dwi Santoso melakukan survei ke sejumlah peternak dan penggemukan sapi Bali untuk kemungkinan pengiriman via Pelabuhan Celukan Bawang, Senin (23/12).

SINGARAJA | patrolipost.com – Berdasarkan kalkulasi biaya pengiriman sapi Bali melalui Pelabuhan Celukan Bawang Jembrana ke kota tujuan di Indonesia, jauh lebih murah dibandingkan pengiriman lewat darat. Peternak bisa menikmati keuntungan sampai 30 persen bila mengirim sapi melalui Celukan Bawang dibandingkan pengiriman via darat.

Kalkulasi itu berdasarkan survei yang dilakukan General Manejer (GM) Pelindo III Celukan Bawang Rio Dwi Santoso ke sejumlah peternakan dan penggemukan sapi Bali di Buleleng, dalam rangka kemungkinan pengiriman sapi Bali via Pelabuhan Celukan Bawang, Senin (23/12).

Bacaan Lainnya

Rio optimistis, sapi Bali memiliki daya saing tinggi di pasar domestik bahkan internasional. Menurutnya, sapi Bali dengan ciri khasnya merupakan satu jenis sapi di dunia yang menghasilkan butiran lemak berkualitas tinggi (morbiling). Dengan kelebihan itu sapi Bali tidak akan kekurangan peminat pada segmen daging sapi berkualitas sehingga mampu  bersaing.

Menurut Rio, pihaknya sudah melakukan kalkulasi besaran bea pengiriman lewat darat maupun laut. Hasilnya, bea melalui laut costnya dapat ditekan hingga 30 persen. Bahkan, nilai penyusutan sapi dengan rata-rata berat 100 kg berkurang jauh jika dibandingkan lewat darat.

“Jika dikirim lewat Pelabuhan Celukan Bawang cost operasional pengiriman dapat ditekan. Per ekor costnya hanya Rp 500 ribu, itu jauh lebih murah dibandingkan dengan jalur darat,” jelas Rio.

Tidak hanya itu, kelebihan via laut dapat menghemat cost perjalanan lainnya termasuk pengawasan terhadap sapi lebih terjamin. “Artinya pengiriman sapi via laut (pelabuhan) selain bisa menekan cost, nilai ekonomisnya tentu akan berpengaruh terhadap nilai jual,” imbuhnya.

Melalui program tol laut, pemerintah telah menyiapkan kapal khusus pengangkut hewan di Pelabuhan Celukan Bawang dengan rute dari NTT, Celukan Bawang dan Tanjung Priok- Jakarta.

“Dari survei itu dapat dimungkinkan sapi Bali dengan kuota tertentu dapat dikirim melalui Pelabuhan Celukan Bawang dengan tujuan Jakarta,” tandas Rio. (625)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.