Kasdam: Tanamkan Sikap Patriotisme dan Nasionalisme

DENPASAR | patrolipost.com – Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri menekankan kepada setiap prajurit dan PNS Kodam IX/Udayana, agar memiliki sikap patriotisme dan nasionaliasme. Serta harus selalu bersyukur atas segala apa yang sudah didapatkan dalam tugas pengabdiannya, sehingga akan selalu bersungguh-sungguh dan optimal dalam melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawab masing-masing.

Demikian ditegaskan jenderal TNI AD bintang satu itu dalam pengarahannya kepada sejumlah prajurit dan PNS Makodam IX/Udayana usai pelaksanaan Upacara Bendera di Lapangan Apel Makodam IX/Udayana, Denpasar, Senin (2/9).

Patriotisme merupakan sikap yang bersumber dari perasaan cinta Tanah Air, sehingga menimbulkan adanya sikap kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara. Sedangkan nasionalisme merupakan paham kebangsaan yang memiliki makna kesadaran dan semangat cinta terhadap Tanah Air, serta memiliki kebanggaan sebagai bangsa yang mampu memelihara kehormatan bangsa.

Kasdam menceritakan tentang pengalamannya saat bertemu salah seorang anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), yang menceritakan tentang seorang taruna yang gugur melawan penjajah, dan di sakunya ditemukan surat yang berbunyi; “Aku bukan pembangun candi, namun aku hanyalah seorang tukang batu.”

Surat berisikan sajak tersebut bermakna bahwa para pahlawan pendahulu bukanlah pembuat bangsa ini, namun mereka ingin mempertahankan kedaulatan negara dan bangsa ini demi tercapainya cita-cita kemerdekaan RI.

“Di era saat ini, untuk menghargai jasa para pahlawan, dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, minimal mampu bekerja dengan baik, karena generasi peneruslah yang harus melanjutkan cita-cita bangsa Indonesia dalam mencapai masa depan yang lebih baik. Sehingga, jasa para pahlawan tidak akan sia-sia, terutama dalam peranan sebagai prajurit dan PNS Kodam IX/Udayana,” kata Kasdam.

Kasdam pun menyebutkan slogan dari Pangdam IX/Udayana tentang empat hal yang menjadi pedoman agar para prajurit dan PNS Kodam IX/Udayana agar bisa bekerja dengan baik. Yakni, profesional dalam tugas, loyalitas, bangga terhadap profesi, dan bangun kebersamaan.
Apabila keempatnya bisa diterapkan, maka tidak akan ada beban saat bekerja.

Termasuk terkait dengan perintah Kasad, yakni tentang kegiatan berolahraga dalam setiap harinya, agar tubuh tetap sehat dan gembira, serta siap melaksanakan tugas dengan baik.

Para prajurit diingatkan pula untuk mengetahui tentang situasi dan kondisi sosial di wilayahnya, terlebih saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI yang akan diselenggarakan pada Oktober mendatang. (jok)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.