Sisi Lain Ari Askhara

Oleh: Drajad Hari Suseno *)

BELAKANGAN ini santer diberitakan dan viral kasus moge yang melibatkan Dirut Garuda, Ari Askhara. Kebanyakan isi pesannya/beritanya sangat subyektif dan hanya melihat dari kacamata minus dan buram. Untuk itu kita mesti bijak menyikapi dan melihat dari kacamata yang lebih lebar dan jernih. Tulisan ini bukan sebagai pembelaan, namun tetap dalam kerangka supaya obyektif dan berimbang.

Bacaan Lainnya

Secara pribadi saya kenal Ari Askhara. Dia pernah jadi Komisarisku, di PT Jasamarga Bali Tol.

Di lingkungan Kementerian BUMN dia terkenal menjadi salah satu rising star, karirnya cemerlang meroket. Hasil asesmen di Kementerian BUMN selalu teratas.

Sebelum menjadi Direksi BUMN, dia seorang profesioanal bekerja di beberapa institusi keuangan/perbankan di Singapura. Lalu dia diminta pulang ke Indonesia, jadi Direktur Keuangan Pelindo III, merangkap Komisarisku di Jasamarga Bali Tol (JBT). Di sini dia benahi kinerja keuangan Pelindo III. Rangkap jabatan sebagai Komisaris itu yang seharusnya memberinya pendapatan ganda, tapi Ari tidak mau. Dia hanya mau menerima pendapatan dari satu sumber dalam jabatannya di Pelindo III. Sedangkan honorarium komisaris JBT diminta disetor ke kas Pelindo III.

Setelah sukses restrukturisasi keuangan Pelindo III, dia diangkat jadi Direktur Keuangan Garuda Indonesia, dia lakukan refinancing utang Garuda, sukses. Lalu diangkat jadi Direktur SDM (Human Capital) di Wijaya Karya, nggak sampai setahun, dia diangkat lagi jadi Direktur Utama Pelindo III (balik lagi ke rumah lama).

Sebagai Dirut, dia lakukan efisiensi besar-besaran, sampai keuntungan Pelindo III yang biasanya ratusan miliar naik mendekati Rp 2 triliun. Dia benahi semua, termasuk SDM yang tidak kompeten dia mutasi atau ganti. Dia terapkan GCG secara efektif dan terarah ke produktifitas kerja di setiap lini perusahaan, sampai cucu perusahaan. Yang tidak siap, tidak akuntabel dia libas.

Sukses di Pelindo III, dia diminta membenahi Garuda yang terus merugi. Di sini dia lebih garang lagi. Banyak pengeluaran yang nggak perlu dipangkas, efisiensi, perbaikan kinerja sampai hal terkecil termasuk catering. Setiap sen dia selamatkan demi perbaikan kinerja keuangan Garuda. Barangkali banyak pejabat Garuda gerah karena kenyamanannya terganggu, ladang basahnya mengering, sehingga banyak yang tidak suka dengan Ari. Tapi hasilnya, kinerja keuangan Garuda membaik, jauh lebih baik dari sebelumnya. Tapi banyak pejabat tidak suka.

Mengenai laporan keuangan yang di make up itu benar. Ceritanya begini. Penyediaan Wifi di pesawat itu sebenarnya gratis dari providernya atau barter dengan on board reklame tapi oleh Ari dihitung sebagai pendapatan. Ini memang tidak lazim. Lalu piutang yang belum terbayar juga sudah dihitung menjadi pendapatan.

Atas dasar perhitungan itu, Garuda yang sebelumnya rugi, dalam laporan keuangannya menjadi untung. Ini mencengangkan sekaligus mengundang tanya. Tapi pencatatan keuntungan yang tidak riil ini diprotes dua Komisaris Garuda (salah satunya Chaerul Tanjung yang punya 30% saham Garuda) sampai mereka tidak mau menanda-tangani Laporan Keuangan.

Kisruh itu akhirnya mengundang OJK menginvestigasi Laporan Keuangan Garuda dengan hasil, Garuda terbukti melakukan kesalahan dan dikenakan sanksi teguran keras. Garuda harus memperbaiki Laporan Keuangan dan mengumumkan kembali ke publik. Keuangan Garuda masih merugi. Kantor Akuntan Publik yang mengaudit dikenakan sanksi, dibekukan satu tahun oleh Menter Keuangan. Jadi nggak benar kalau sampai diusut polisi.

Soal serikat pekerja, di Garuda terbelah dua. Ada yang membela Ari, ada yang menyerang. Tapi kebanyakan yang terekspos yang menyerang.

Kinerja Ari sangat bagus. Semua BUMN yang dia tangani sukses. Dia termasuk orang bersih dalam hal keuangan. Yakin tidak korupsi. Hanya saja, terkait hobbynya dengan moge/Harley membuat dia terlena. Besar kemungkinan dia dijebak rivalnya, bisa juga dia memang sendiri khilaf. Tapi apa pun, dia sudah menyalah-gunakan wewenang/fasilitas jabatan karena hobbynya.

 

Dia terjebak antara hobby dan dilema larangan mengimpor Moge bekas secara resmi masuk ke Indonesia. Dia selundupkan lewat pesawat yang baru dibeli dan ketahuan. Bisa ditebak, pasti ada yang nggak suka lalu melaporkan ke Bea Cukai. Terbongkarlah kasus ini.

Bagaimanapun dia memang salah dan harus siap menerima risikonya. Dia tersandung moge, sebenarnya masalah sepele. Tapi memang orang selalu tersandung batu kecil, tidak pernah ada orang tersandung batu besar, kecuali dengan sengaja menabrak batu.

Ari Askhara orang Bali, dia sangat percaya karma. Barangkali kejadian ini bisa jadi renungan hidupnya, apa itu karma.

So, tulisan ini mudah-mudahan memberikan pandangan obyektif dan berimbang, tidak hanya dilihat dari kacamata minus dan buram.

Denpasar, 10 Desember 2019.

Penulis adalah Corporate Secretary PT Jasamarga Bali Tol

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar

  1. Tulisan di atas adalah opini pribadi, tidak mewakili perusahaan, mohon tidak dihubung-hubungkan dengan perusahaan tempat saya bekerja