Canggih! Pengemis di Cina Terima Sedekah Pakai Pembayaran Non-tunai

Pengemis Cina/ilustrasi/net.

JAKARTA | patrolipost.com – Pengemis di Cina tak mau kehilangan akal di tengah marak teknologi pembayaran non-tunai saat ini. Mereka tanpa segan bahkan menawarkan orang-orang yang mengaku tidak punya uang tunai, untuk bersedekah dengan pembayaran non-tunai.

Seperti pengalaman seorang teman Fazil Irwan baru-baru ini di Beijing yang diunggah ke Facebook pada 27 November 2019, viral dan dibagikan lebih dari 16 ribu kali.

Bacaan Lainnya

Kisah berawal ketika Irwan dalam perjalanan untuk mencari tempat makan malam. Seorang pengemis mendekati dirinya untuk meminta uang.

Teman Faisal memberitahu wanita tua itu bahwa dirinya tidak punya uang tunai. Tujuannya juga untuk menolak secara halus kehadiran pengemis itu.

Pengemis perempuan itu bukannya pergi, malah mengeluarkan kartu dengan kode QR atau barcode untuk dipindai, sehingga uang ditransfer.

Lebih mengagetkan, pengemis ini mengatakan dirinya menerima bantuan dana melalui aplikasi WeChat yang populer di Cina. Tak dapat mengelak, teman Irwan pun menyumbangkan dananya ke pengemis itu secara non-tunai.

Isu tentang pengemis di Cina menggunakan aplikasi pembayaran non-tunai untuk mendapatkan uang, bukan isu pertama di Cina. Koran Cina Daily melaporkan dua tahun lalu beberapa pengemis menggunakan barcode untuk mendapatkan sedekah uang non-tunai. (*/807)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.