Kodim 1609/Buleleng dan BSC Bangun Rumah Layak Huni Nenek Ringin

Nenek Ringin foto bersama setelah menerima kunci rumah dari Kasdim 1609/Buleleng Mayor Kav I Nyoman Arya Jayantara.

SINGARAJA | patrolipost.com – Kolaborasi Kodim 1609/Buleleng dan Buleleng Social Community (BSC) mampu membangun sebuah rumah layak huni. Rumah ini kemudian diserahkan kepada salah seorang warga kurang mampu yang akrab disapa nenek Ketut Ringin (60), asal Dusun Tonggak, Desa Tunjung, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Rabu (4/12).

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1609/Buleleng Mayor Kav I Nyoman Arya Jayantara, menyerahkan secara simbolis kunci rumah semi permanen kepada nenek Ringin, disaksikan pihak keluarga, para perangkat desa, termasuk Kadus Tonggak I Wayan Sudarman, anggota BPD Tunjung Made Mustawan, Pembina BSC, dan warga masyarakat sekitar,

Selama ini, nenek Ringin tinggal bersama anak dan menantunya yang bekerja sebagai buruh serabutan dan hanya menempati satu bilik pondok dengan peralatan seadanya yang berdiri di atas lahan milik orang lain.

Melihat kondisi tersebut, Kodim Buleleng melalui Koramil 1609-02/Kubutambahan kemudian melaksanakan kerja sama dengan BSC untuk membantu menyiapkan sekaligus membangun rumah layak huni guna ditempati nenek Ringin dan keluarganya.

Hal ini mendapat dukungan dari perangkat desa setempat, sehingga selama sebulan Babinsa Desa Tunjung Serda Kadek Doni N bersama warga setempat mampu menyelesaikan pembangunan rumah semi permanen untuk nenek Ringin.

Hal ini merupakan salah satu kegiatan Kodim Buleleng dalam pembinaan teritorial (binter), yaitu menjalin kemitraan dengan BSC melalui misi sosial kemanusiaan yang berlangsung cukup lama dan selama ini banyak membantu warga masyarakat yang kurang mampu di beberapa kecamatan di Kabupaten Buleleng.

Kepedulian para generasi muda Buleleng melalui BSC terhadap lingkungan masyarakat di sekitarnya mampu  menginisiasi dan memotivasi untuk berbuat dan berbagi kepada sesama. Kodim 1609/Buleleng menjadi salah satu mitra dan organisasi/satuan yang bisa diajak dan ikut serta secara bergotong royong dalam mewujudkan keinginan komunitas sosial (komsos) Buleleng dalam membantu warga masyarakat yang kurang mampu.

Kasdim Buleleng juga menginformasikan bahwa kegiatan penyerahan kunci rumah kali ini momennya sangat baik dan tepat, karena bertepatan dengan kegiatan bakti sosial  (baksos) kegiatan satuan dalam rangka peringatan Hari Juang Kartika (HJK) TNI AD TA 2019.

Terkait HJK kali ini, pihak Kodim juga menggelar kegiatan donor darah di Makodim Buleleng dan karya bakti pembersihan lingkungan pantai/sungai, yang bekerja sama dengan Pemkab Buleleng maupun pemangku kepentingan (stakeholder) lain di Buleleng. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.