Cegah dan Deteksi Dini Gangguan Keamanan Jelang Nataru

Dandim 1610/Klungkung memberi pengarahan menyangkut situasi menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

SEMARAPURA | patrolipost.com – Jelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon SE MTr (Han), mengajak semua pihak dan seluruh komponen masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya aksi teror, radikalisme, berita hoaks, aksi kekerasan, perkelahian serta peredaran narkoba.

“Perlu adanya komunikasi dan koordinasi yang baik antara aparat dan komponen masyarakat, para tokoh dan mitra kerja di lapangan guna melakukan cegah dini dan deteksi dini terhadap adanya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, sehingga tetap terciptanya situasi keamanan wilayah yang kondusif,” tegas Dandim di sela kegiatan “Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Semester II/TA 2019” di Aula Makodim 1610/Klungkung, Selasa (3/12).

Bacaan Lainnya

Dandim juga menekankan kembali terkait paham radikalisme dan adanya beberapa pihak yang ingin memecah belah persatuan bangsa, mengganggu keamanan, dan ketertiban masyarakat. Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka meningkatkan kemampuan para anggota, termasuk peran Babinsa dalam pencapaian tugas pokok sehari-hari.

“Kita menginginkan para anggota, utamanya para Babinsa akan semakin memahami tugas dan tanggung jawabnya, maka dari itu kegiatan ini menjadi sangat penting,” kata Dandim, seraya menyinggung situasi terakhir di wilayah Kabupaten Klungkung, seperti perkelahian pelajar, persoalan minuman keras, kebakaran, pencurian, kasus tanah, dan terjadinya kecelakaan bagi wisatawan yang membutuhkan perhatian semua pihak, baik pemerintah, aparat keamanan, dan masyarakat.

Adapun program Kodim 1610/Klungkung di Tahun 2019, antara lain, TMMD, KB Kesehatan, karya bakti, kepramukaan, pembinaan ketahanan wilayah dan pangan. Dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan para prajurit, khususnya Babinsa dapat mewujudkan pembinaan mitra karib dalam rangka keberhasilan tugasnya, termasuk untuk lebih memperkokoh terwujudnya kemanunggalan TNI-rakyat.

Selain dari internal Kodim 1610/Klungkung, kegiatan kali ini melibatkan Kadis Sosial Kabupaten Klungkung I Nengah Sudiartha, Kabag Kesra Kabupaten Klungkung I Wayan Winata, FKUB Kabupaten Klungkung, Pendeta Gereja GKII Pendeta Edy Mansyur, Perbekel se-Kabupaten Klungkung, perwakilan Bendesa Adat, pecalang, PPM, Pramuka, Pol PP, RAPI Kecamatan Klungkung, juga beberapa tokoh (masyarakat, agama, dan adat). Termasuk sejumlah anngota Veteran, Dinas BPMDPKB Kabupaten Klungkung, UPTD Kecamatan Klungkung, para Pensiunan TNI/KBT, serta undangan terkai lainnya, total ada 75 peserta. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.