Ajak Pelajar Bangun Life Skills Hadapi Persoalan Remaja

DENPASAR | patrolipost.com – Mulai Selasa (20/08/2019) selama tiga hari, Smashed Project menjalankan program kreatif-edukatifnya kepada siswa SMPN 3 Denpasar. Program ini untuk membantu para siswa usia 12-15 tahun membangun keterampilan hidup (life skills) dalam menghadapi persoalan remaja seperti perundungan (bullying), penyebaran berita palsu, dan bahaya minum minuman beralkohol untuk anak di bawah umur.
Smashed Project digelar oleh lembaga pendidikan Collingwood dari Inggris bekerja sama dengan Dapoer Dongeng Noesantara. Program ini berlangsung dari 5 Agustus 2019 sampai awal September 2019. Dikatakan Produser-Kurator Program Smashed Project, Yudhi Soerjoatmodjo, selama penyelenggaraannya, project ini ditarget menjangkau enam ribu siswa dari berbagai sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Denpasar dan Kabupaten Tabanan.
Smashed Project berangkat dari latar belakang permasalahan remaja yang menghadapi beragam tantangan dan tuntutan untuk memiliki tanggung jawab yang semakin serius terkait dengan sikap dan pilihan hidupnya. Smashed Project hadir untuk memberikan sejumlah life skills praktis untuk menyelesaikan berbagai kebingungan, kecemasan dan konflik yang dihadapi para remaja agar bisa tumbuh menjadi dewasa yang  sehat lahir dan batin,” jelasnya.
Yudhi mengatakan, project ini digelar bekerja sama dengan pihak sekolah dan diharapkan dapat melengkapi pendidikan budi pekerti yang diberikan oleh sekolah. Pelaksanaan Smashed Project di Bali adalah upaya melanjutkan keberhasilan pelaksanaan program yang berlangsung pada tahun 2017-2018. Sebelumnya, program ini menunjukkan perubahan positif pada 5,860 siswa kelas 7 dan kelas 8 di 20 SMP negeri, swasta dan madrasah di Jabodetabek.
Survei pada para siswa yang diselenggarakan sebelum dan sesudah kegiatan, terjadi perubahan pengetahuan dan sikap yang signifikan antara lain 66 persen siswa semakin memahami tentang bahaya perundungan (naik 26 persen dibanding sebelum mengikuti pelatihan); 77 persen jadi lebih tahu ke mana mereka harus bertanya bila menghadapi persoalan, termasuk ke guru BP (naik 28 persen). Demikian juga dengan berbagai persoalan remaja lainnya.
Misalnya, pengetahuan siswa terkait usia legal minum alkohol di atas 21 tahun sesuai aturan naik sebesar 50 persen. Dalam penyampaian pesannya, Smashed Project menggunakan metode yang interaktif dan menyenangkan, melalui pertunjukan teater serta kegiatan dialog dan workshop membuat poster. Pertunjukan teater diperankan oleh tiga aktor yang kerap tampil bersama Teater Koma dan Teater Bulungan, untuk menggugah emosi peserta.

Menurut Yudhi, pertunjukkan teater juga digunakan untuk memberikan pengalaman belajar melalui cerita yang kuat dan menggerakkan emosi. Para siswa akan dibawa ke narasi cerita yang akan menantang mereka untuk memikirkan ulang keputusan-keputusan yang dibuat oleh para karakter tersebut termasuk konsekuensinya. Setelah menonton pertunjukkan teater, workshop memberikan transisi dari pola pembelajaran didaktik menjadi pelibatan interaktif.
 
Dipandu tim pakar perkembangan anak atau fasilitator dari Program Studi Psikologi Universitas Udayana, para siswa yang mengikuti program dapat mengidentifikasi capaian pembelajaran yang relevan bagi diri masing-masing, yaitu keterampilan dan informasi yang diperlukan agar dapat membuat pilihan bijak demi mencapai tujuan mereka. Untuk diketahui, inilah pertama kalinya Smashed Project berlangsung di Kota Denpasar dan Kabupaten Tabanan.

Yudhi menyatakan, kedua daerah tersebut dipilih sebagai lokasi pelaksanaan Smashed Project berdasarkan pertimbangan perkembangan pariwisata di Bali yang memungkinkan remaja terpapar dan mengadaptasi budaya yang dibawa turis domestik maupun mancanegara. “Proses adaptasi ini perlu mendapat perhatian dan pendampingan yang layak. Diharapkan, pelaksanaan project ini memberikan manfaat bagi mereka,” pungkas Yudhi. (jok)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.