30 Personel Korem 163/Wira Satya Jalani Tes Urine

Dari 30 personel yang diperiksa urine-nya seluruhnya negatif mengandung narkoba.

DENPASAR | patrolipost.com – Sedikitnya 30 personel militer Korem 163/Wira Satya yang ditunjuk secara acak terdiri dari 7 Perwira Menengah (Pamen), 7 Perwira Pertama (Pama), serta 16 Bintara dan Tamtama menjalani tes urine usai upacara bendera di Makorem 163/Wira Satya, Denpasar, Senin (2/12),

Kapenrem 163/Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia menjelaskan, kegiatan tes urine merupakan pertanggungjawaban untuk memastikan setiap personel militer maupun sipil Korem 163/Wira Satya dan jajaran di bawahnya harus terbebas dari semua urusan narkoba.

Bacaan Lainnya

“Tes urine merupakan program berkala yang dilaksanakan pada Tri Wulan IV TA 2019 di lingkungan Makorem 163/Wira Satya. Segala penyiapan pelaksanaan tes urine ini dikoordinir oleh Staf Intelijen Korem 163/Wira Satya, dibawah pengawasan Perwira Seksi Intelijen Korem 163/Wira Satya Mayor Inf Ida Bagus Putu Swatama,” ujar Kapenrem.

Kegiatan ini katanya, untuk memastikan dan secara berkala dilaksanakan tes urine, termasuk pemberian pemahaman mengenai bahaya narkoba melalui sosialisasi program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Sementara di lingkungan TNI dan Keluarga Besarnya sudah mengikrarkan perang terhadap narkoba. Hal itu dapat dimulai dari memberikan pemahaman tentang narkoba dan bahayanya serta implementasi nyatanya melalui tes urine.

Konsekuensi kata Kapenrem, terhadap penyalahgunaan narkoba akan dihadapkan pada proses hukum yang dapat berujung pada pemecatan. Hal ini sejalan dengan apa yang telah digariskan dalam UU Nomor: 35/Tahun 2009 tentang Narkotika, termasuk UU Nomor: 25/Tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Militer yang berlaku di lingkungan TNI.

Dari hasil pengecekan yang dilakukan secara detail, dari 30 personel Makorem 163/Wira Satya yang melakukan tes urine, belum ditemukan adanya indikasi positif sebagai pengguna atau penyalahgunaan narkoba tersebut.

“Kita apresiasi terhadap hasil tes urine yang dilakukan terhadap sejumlah personel Makorem 163/Wira Satya, yang mana seluruhnya ternyata negatif,” jelas Mayor IB Putu Diana Sukertia.

Dia berharap personel Korem 163/Wira Satya bisa menjadi teladan, termasuk menjadi motor penggerak dalam memerangi narkoba, baik di lingkungan sendiri dan juga di lingkungan masyarakat. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.