Tim Wasrik BPK RI Periksa Kinerja Kodam IX/Udayana

  • Whatsapp
Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri saat menerima Tim Wasrik BPK RI yang dipimpin Iwan Gunawan, SE, MSi, Ak, Senin (2/12/2019).

DENPASAR | patrolipost.com – Tim Wasrik BPK RI yang dipimpin Iwan Gunawan, SE, MSi, Ak, selaku Wakil Penanggungjawab melakukan pemeriksaan terhadap semua kinerja Kodam IX/Udayana selama 5 hari ke depan (2-6 Desember 2019). Terutama terkait penerapan mekanisme pelaksanaan anggaran belanja negara sesuai PMK Nomor: 143/PMK.05/2018 dan pemeriksaan interern atas laporan keuangan Kementerian Pertahanan dan TNI Tahun 2019.

“Kita berharap semoga semuanya dapat berjalan dengan tertib sesuai rencana yang telah ditentukan,” harap Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, ketika membacakan sambutan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, SIP, pada acara taklimat awal kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan Badan Pengawas Keuangan Republik Indonesia (Wasrik BPK RI) di Ruang Erlangga, Makodam IX/Udayana, Denpasar, Senin (2/12).

Dilanjutkan dengan penjelasan karakteristik wilayah Kodam IX/Udayana yang terdiri dari tiga provinsi, yaitu Provinsi Bali sebagai destinasi wisata domestik dan mancanegara yang sering dijadikan sebagai tempat pelaksanaan berbagai event berskala nasional maupun internasional. Hal ini memerlukan pengamanan VIP dan VVIP secara ekstra untuk mengantisipasi agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan yang dapat merusak citra Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Sedangkan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dari segi keamanan masih sering terjadi konflik komunal di masyarakat yang disebabkan adanya perbedaan atau keragaman berbagai suku yang ada. Kondisi ini jelas memerlukan perhatian yang serius dari semua pihak agar keamanan dan kenyamanan masyarakat tetap terjaga.

Serta Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatasan langsung dengan wilayah Republic Democratic of Timor Leste (RDTL) yang sampai saat ini masih sering terjadi pelanggaran lintas batas, seperti penyelundupan imigran gelap, bahan bakar minyak (BBM), sembako, dan lain-lain.

Dengan adanya berbagai kendala yang dihadapi tersebut, pihak Komando dengan segenap perangkat yang dimiliki selalu berupaya melakukan berbagai inisiatif dan prakarsa dengan satu tujuan untuk melaksanakan program kerja, agar lebih berdaya guna dan berhasil guna.

Guna membantu kelancaran pelaksanaan Wasrik BPK RI tersebut, Pangdam menekankan kepada objek pemeriksaan, terutama para pejabat yang mengelola anggaran, agar menerima tim dengan baik sesuai etika dengan penuh keterbukaan dalam menyampaikan jawaban dan penjelasan. Sehingga kegiatan pengawasan dan pemeriksaan di satuan jajaran Kodam IX/Udayana mencapai sasaran yang diharapkan.

Acara taklimat awal yang diakhiri penyerahan Surat Perintah Pelaksanaan Wasrik BPK RI dari pimpinan rombongan Iwan Gunawan kepada Kasdam IX/Udayana. Turut hadir, Irdam IX/Udayana, para Staf Ahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam dan para Asisten Kasdam IX/Udayana, beberapa Komandan/Kabalakdam IX/Udayana, LO AL, LO AU, dan para pejabat terkait lainnya. (246)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *