Bentangkan Sang Merah Putih di Dasar Laut Nusa Lembongan

SEMARAPURA | patrolipost.com – Mewujudkan semangat nasionalisme, belasan penyelam dan karyawan Bali Marine Walk (BMW) dan Sammada Hotel & Beach Club (SHBC) yaitu menggelar upacara bendera sekaligus membentangkan Sang Merah Putih di dasar laut Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung, Sabtu (17/8) pagi.
“Bagi kalangan perusahaan watersport, termasuk para penyelam yang ada di Nusa Lembongan, kegiatan upacara dan pembentangan bendera Merah Putih di dasar laut ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya,” ujar Sales & Head Corporate Manager BMW dan SHBC, Ketut Suastika, didampingi Manager Operasional Lembongan, Wayan Suantara.
Pelaksanaan upacara bendera hasil kolaborasi karyawan BMW dan SHBC ini patut diapresiasi dan didukung oleh semua pihak yang terkait dalam mewarisi semangat perjuangan para Pahlawan Kemerdekaan RI. Hal ini mengekspresikan sikap nasionalisme dan upaya nyata mempromosikan keindahan panorama alam bawah laut.
Serta sebagai upaya menjaga ekosistem, habitat, dan biota laut juga terumbu karang di dasar laut Nusa Lembongan. Bertepatan dengan peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, sebanyak 17 personel gabungan dari para penyelam juga karyawan BMW dan SHBC, Sabtu pagi tepat pukul 08.00 Wita menorehkan sejarah.
Yaitu menggelar upacara 17 Agustus dan pembentangan bendera Merah Putih berukuran (3×4,5) meter persegi di dasar laut Nusa Lembongan pada kedalaman 5 meter dari permukaan air laut selama 17 menit. Disaksikan puluhan pasang mata beragam biota laut yang berseliweran, pelaksanaan upacara berlangsung khidmat, aman, dan lancar.
Meski terendam dinginnya air laut, para penyelam yang mengenakan alat selam dan bertugas membentangkan Sang Merah Putih, maupun peserta upacara lainnya yang dilengkapi peralatan khusus menyelam, tampak sangat antusias dan bersemangat mengikuti komando melalui kode isyarat gerakan tangan dari komandan upacara.
Dapat memperingati hari kemerdekaan Indonesia dengan cara yang istimewa, Suantara mengaku puas. “Kami merasa puas dan bangga bisa melaksanakan upacara bendera kali ini,” katanya, sembari menambahkan, para peserta upacara juga membentangkan banner yang bertuliskan, “Dirgahayu Republik Indonesia ke-74”.
Ungkapan senada dilontarkan Ketut Suastika. Dia pun berharap dan berjanji, dalam pelaksanaan upacara serupa di tahun akan datang akan lebih banyak lagi peserta upacara yang bisa dilibatkan. Pihaknya juga berencana segera berkoordinasi dengan unsur TNI, Polri, Pemda, dan sejumlah tokoh dari berbagai kalangan dan komunitas. (jok)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.