Bupati Suwirta Bicara KTR dalam Simposium Kesehatan Internasional

Bupati Suwirta foto bersama narasumber dan panitia usai menjadi pembicara simposium larangan merokok dalam Kongres Nasional ke-14 APHA.

DENPASAR | patrolipost.com – Berkat komitmennya dalam menegakkan Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan tingginya tingkat kepatuhan penerapan kawasan tanpa rokok, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didaulat sebagai pembicara dalam Simposium Internasional ke-4 tentang Penelitian Kesehatan dan Kongres Nasional ke-14 dari Asosiasi Kesehatan Masyarakat Indonesia (APHA). Acara tersebut berlangsung di Ruang Legian Prime Plaza Hotel, Sanur, Depasar, Sabtu (30/11).

Bupati Suwirta menjadi narasumber terkait larangan sponsor, promosi iklan tembakau komprehensif untuk mengurangi konsumsi rokok di kalangan kaum muda. Dalam paparannya Bupati Suwirta Suwirta mengingatkan bahwa poin terpenting dalam penerapan Perda KTR adalah kepala daerah harus memiliki komitmen untuk menyosialisasikan, melaksanakan, mengawasi dan menegakkan aturan tentang kawasan tanpa rokok.

Bacaan Lainnya

“Kita harus berkomitmen mencegah agar merokok tidak menjadi kebiasaan, mengantisipasi perilaku merokok pada generasi muda dengan menciptakan lingkungan bersih tanpa rokok,” ujar Bupati Suwirta di hadapan para peserta simposium dan pakar kesehatan.

Lebih lanjut pihaknya menambahkan, selaku kepala daerah dan aparat hendaknya mampu menjadi contoh. Selain itu Bupati juga memiliki strategi dalam menerapkan KTR di Klungkung. Salah satunya dengan sosialisasi dan deklarasi tanpa rokok di acara-acara sekaa teruna, acara festival, pendekatan adat, persuasif komunikasi dan media hiburan lainya.

“Penerapan KTR telah dilakukan sosialisasi secara terus menerus serta mengedukasi masyarakat untuk mematuhi KTR,” imbuhnya

Sementara itu penyelenggara, Institut Nasional Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Indonesia bekerja sama dengan Asosiasi Kesehatan Masyarakat Indonesia (APHA) yang menjadi tuan rumah Simposium Internasional ke-4 tentang Penelitian Kesehatan dalam hubungannya dengan Kongres Nasional ke-14 Asosiasi Kesehatan Masyarakat Indonesia. Acara ini dilaksanakan dari 27-30 November 2019 dengan Tema “Bukti Ilmiah dan Politik dalam Pembangunan Kesehatan”.

Acara tersebut dihadiri para ilmuwan, peneliti, profesional serta pemimpin untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman menuju bangsa yang sehat. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.