Disdik Gianyar Gelar Bimtek Belajar Berkualitas Melalui PBD

ccc11111
Kadisdik Gianyar I Made Suradnya saat membuka bimbingan teknis perencanaan berbasis data menuju PAUD berkualitas, Senin (26/9/2022). (kominfo/abg)

GIANYAR | patrolipost.com – “Demi peningkatan kualitas satuan pendidikan perlu dilakukan transformasi pendidikan dalam kerangka merdeka belajar dan melakukan perencanaan menggunakan data dari Rapor Pendidikan, untuk melakukan refleksi dan evaluasi bersama tenaga pendidik,” ujar Kadisdik Gianyar I Made Suradnya saat membuka bimbingan teknis perencanaan berbasis data menuju PAUD berkualitas, Senin (26/9).

Dilanjutkannya, pengelolaan lingkungan belajar berkualitas melalui perencanaan berbasis data (PBD) bertujuan untuk mencapai peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan. Disamping itu, PBD juga bertujuan memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran yang efektif dan akuntabel sesuai dengan kebutuhan dinas maupun satuan pendidikan.

PDB merupakan perencanaan yang dilakukan oleh satuan pendidikan, program pendidikan, lembaga pendidikan,maupun pemerintah daerah yang didasarkan pada data rapor pendidikan.

Ditekankan Suradnya bahwa Dinas Pendidikan Gianyar terus berupaya dalam menyediakan informasi perkembangan di bidang pendidikan, serta mutu pelayanan pendidikan akan menjadi fokus utama dalam mewujudkan Kabupaten Gianyar yang lebih baik.

Narasumber dalam Bimtek tersebut, I Made Dwi Prasetya dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Bali mengatakan bahwa tujuan dari PBD untuk memperbaiki proses pembelajaran.

“PBD merupakan salah satu bahan oleh satuan pendidikan dalam rangka melakukan refleksi, tujuannya untuk mengidentifikasi permasalahan dan membenahi proses pembelajaran,” ujarnya saat menjadi narasumber dengan topik Merdeka Belajar dan Perencanaan Berbasis Data.

Bimtek berlangsung selama dua hari, 26-27 September 2022 diikuti 20 orang dari Satuan Pendidikan PAUD se-Kabupaten Gianyar. (kominfo/abg)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.