Prodia Komitmen Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Gianyar

Peresmian Prodia Gianyar, Sabtu (30/11) ditandai pemotongan untaian bunga oleh Direktur Utama Prodia Dewi Muliaty.

GIANYAR | patrolipost.com – Sejak hadir di Bali tahun 1982, Prodia berkomitmen untuk melayani masyarakat Bali dengan layanan pemeriksaan kesehatan terbaik. Saat ini, Prodia memiliki sekitar 700 jenis pemeriksaan kesehatan termasuk pemeriksaan risiko penyakit tertentu berdasarkan genetika/DNA pasien.

“Dengan hadirnya Prodia Cabang Gianyar, semoga dapat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Gianyar,” harap Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty, pada acara grand opening Prodia Gianyar, di Jalan Bypass Dharma Giri, Bitera, Gianyar, Sabtu (30/11).

Turut hadir dalam petesmian tersebut, Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra, SST Par, MAP, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gianyar dr IA Cahyani Widyawati, MKes, Dirut Prodia Dewi Muliaty, Branch Manager (BM) Prodia Denpasar Antonius Erbano, serta jajaran manajemen Prodia. Prodia Gianyar merupakan cabang ke-4 di Bali, setelah Denpasar, Tabanan, dan Singaraja.

“Peresmian cabang baru ini bertujuan untuk melayani kebutuhan masyarakat Gianyar terhadap layanan pemeriksaan kesehatan berkualitas terdepan,” ujar Dewi Muliaty, seraya mengatakan, Prodia Gianyar juga menyediakan layanan laboratorium.

Seperti, pemeriksaan hematologi, kimia, imunologi dan serologi, yang meliputi pemeriksaan terkait antigen dan antibodi hepatitis B, fungsi tiroid, serta pemeriksaan kadar glukosa, HbA1c, lemak, fungsi ginjal, fungsi hati dan elektrolit. Juga pemeriksaan petanda tumor, hormon reproduksi, diagnostik molekular, osteoporosis, patologi anatomi, dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

BM Prodia Denpasar Antonius Erbano menambahkan, melalui kelengkapan tes laboratorium di Prodia, pihaknya berharap dapat melayani masyarakat Gianyar dengan baik dan menjadi mitra bagi pemerintah setempat serta para dokter, dan rumah sakit dalam memberikan layanan pemeriksaan kesehatan yang terbaik.

Berdasarkan hasil proyeksi penduduk, jumlah penduduk Kabupaten Gianyar pada tahun 2018 sebanyak 508.100 jiwa. Kepadatan penduduk Gianyar adalah 1.381 jiwa/km persegi, dan dari segi fasilitas dan layanan kesehatan, Gianyar memiliki 6 rumah sakit.

“Saat ini, Prodia memiliki fasilitas e-Prodia yang merupakan sistem pendaftaran dan pembayaran online bagi pelanggan Prodia. Melalui layanan ini pelanggan dapat dengan mudah mendaftarkan diri, memilih jenis pemeriksaan yang diinginkan, menentukan lokasi pemeriksaan, dan pembayaran dengan cara yang diinginkan,” jelas Anton, sembari menuturkan,  sistem pendaftaran dan pembayaran online ini dapat diakses melalui perangkat komputer, tab, ipad, dan telepon genggam.

Sejalan dengan transformasi Prodia sebagai penyedia layanan kesehatan generasi baru, Prodia juga meluncurkan tes-tes pemeriksaan esoterik atau tes pemeriksaan khusus yang dapat mengidentifikasi risiko penyakit tertentu. Sehingga setiap individu dapat melakukan tindakan preventif atau pencegahan penyakit tertentu.

Tes pemeriksaan khusus tersebut diantaranya, Cancer Risk (CArisk) yang merupakan pemeriksaan genomik yang digunakan untuk mengidentifikasi risiko 13 jenis kanker, yaitu kanker payudara, usus besar atau kolorektal, serviks, hati, pankreas, paru, lambung, tiroid, uterus, kandung kemih, prostat, nasofaring, dan kelenjar getah bening.

Adapun pemeriksaan genomic risk lainnya yang akan dikembangkan, dapat digunakan untuk memprediksi risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, diabetes, dan autoimun berdasarkan genetiknya. Dan, pada awal tahun 2019, Prodia memperkenalkan tes pemeriksaan baru bernama DIArisk untuk memprediksi risiko diabetes pada individu.

Jenis diabetes yang dapat diketahui risikonya dengan pemeriksaan DIArisk adalah risiko diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan gestational diabetes (diabetes saat kehamilan). Selain diabetes dan komplikasinya, DIArisk juga dapat mengetahui faktor risiko obesitas, kelainan metabolisme lipid, dan penyakit ginjal kronis.

Prodia juga menyediakan pemeriksaan Nutrigenomik yang mempelajari faktor genetika terhadap kesehatan serta bagaimana tubuh merespons nutrisi dan kebiasaan olahraga. Dapat dilakukan dalam kondisi apapun, karena tidak bersifat diagnosis, sehingga  seseorang dapat mengetahui diet yang tepat dan asupan nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuhnya.

Guna melayani pelanggan lebih dekat, Prodia meluncurkan Kontak Prodia 1500-830 dan personal assistant virtual berbasis online “Tanya Prodia” (Tania). “Tania dapat diakses oleh siapapun, khususnya pelanggan Prodia secara langsung kapanpun dan dimanapun secara online melalui LINE: @prodia.id, Telegram: @prodia.id, Facebook Messenger: @prodia.id, dan website Prodia www.prodia.co.id,” urai Antonius Erbano. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.