Pecalang Batununggul Apel Bendera di Tepi Pantai

pecalang 2222cccc
Pecalang Batununggul menggelar apel bendera di tepi pantai. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Satuan pengamanan masyarakat adat atau lebih popular disebut pecalang menggelar upacara apel bendera di tepi pantai dalam rangka menyambut hari jadi Provinsi Bali 64 dan sekaligus HUT ke-77 RI. Pecalang Desa Adat Dalem Setra Batununggul, Kecamatan Nusa Penida dipimpin langsung Bendesa setempat berlokasi di sebelah utara Pura Dalem.

Meski ada sebagain pecalang yang berhalangan dikarenakan kegiatan adat di banjar tetap maksimal menggelar apel bendera. Menjelang matahari terbenam pecalang lengkap dengan atribut berbaris dengan rapi menghadap utara bertatap muka dengan pemandangan Gunung Agung.

Bendesa Adat Dalem Setra Batununggul, I Dewa Ketut Anom Astika, saat dikonfirmasi Minggu (14/8/2022) menyampaikan kegiatan upacara apel peringatan Hari Jadi Pemprov dan sekaligus HUT RI merupakan bentuk realitas kebanggaan dan menumbuhkan rasa nasionalisme kebangsaan. Meski begitu, pecalang pertama kali melakukan kegiatan ini tetap hikmat melaksanakan apel.

“Kami menggelar apel di tepi pantai adalah bentuk ungkapan terima kasih kepada pahlawan kita yang sudah berjuang sampai titik penghabisan sampai merdeka, dan kita sebagai penerus dari apa yang sudah diwariskan yang terdahulu mengisi kemerdekaan ini. Meski disaat situasional seperti sekarang yang tidak menentu rasa kebanggaan berbangsa dan negara adalah hal yang pokok atau pondasi dalam bernegara, “ ujarnya. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.