Pastikan Kesiapan Pengamanan Perairan Bali, Kapolda Uji Coba Rigid Inflatable Boat

ujicoba kapal1
Kapolda Bali saat ujicoba (sea trial) RIB yang akan dipakai saat pengamanan Presidensi G-20. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Perhelatan akbar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) forum kerjasama multilateral beranggotakan 19 Negara Utama dan Uni Eropa (EU) bertajuk Presidensi G-20 puncak kegiatannya pada November 2022 di area ITDC, Nusa Dua, Bali. Berkaitan dengan hal itu, Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Bali mendapat penambahan kendaraan tactikal operasional berupa 2 unit  Rigid Inflatable Boat (RIB).

Kendaraan inilah nantinya akan menjadi andalan dalam pengamanan wilayah perairan saat dimulainya pengamanan Presidensi G-20 di Bali. Menandai beroperasinya kapal ini, Kapolda Bali Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra SH MSi didampingi sebagian besar PJU Polda Bali melaksanakan ujicoba (sea trial) RIB dimulai dari Dermaga Pasiran Pelabuhan Benoa, Bali, Jumat (12/8/2022).

Bacaan Lainnya

Saat melaksanakan Sea Trial, boat melakukan jelajah sepanjang jalur Benoa sampai dengan sepanjang perairan Nusa Dua, Selat Bali. Setelah itu rombongan Kapolda kembali menuju jalur perairan dan berlabuh di Serangan.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto SIK MSi menyampaikan bahwa kegiatan Sea Trial dengan mempergunakan Rigid Inflatable Boat ini guna memastikan seluruh sistem pengamanan dalam rangka KTT Presidensi G-20 nantinya, sekaligus sebagai bentuk uji coba kendaraan taktis Ditpolairud yang baru.

”Sea Trial yang dilaksanakan ini merupakan bentuk pengecekan lokasi perairan sepanjang Selat Bali yang nantinya menjadi area patroli laut polisi perairan yang berkaitan dengan G-20, dan sekaligus sebagai bentuk uji coba dua kendaraan taktikal RIB baru yang dimiliki Ditpolairud Polda Bali,” ucapnya.

Pada kegiatan Sea Trial Rigid Inflatable Boat ini diakhiri saat 2 boat yang dikendarai oleh rombongan Kapolda bersandar di dermaga Serangan, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (hms/007)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.