Cegah Lonjakan DBD, Jumantik UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Gelar Gertak PSN 4M Plus di Desa Pemogan

jumantik
Jumantik UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Denpasar Selatan (Densel) saat menggelar Gertak PSN 4M Plus di Desa Pemogan Denpasar Selatan. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Mencegah lonjakan kasus DBD, Juru Pemantau Jentik (Jumantik) UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Denpasar Selatan (Densel) menggelar Gerakan Serentak (Gertak) Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 4M Plus. Kali ini, kegiatan Gertak PSN ini dilaksanakan di Desa Pemogan Denpasar Selatan, Rabu (10/8/2022).

Kepala UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan Drg Putu Judy Satyawati Sudarmo menjelaskan, kegiatan PSN ini merupakan salah satu program yang wajib dilaksanakan secara rutin. Selain sebagai antisipasi naiknya kasus DBD, juga dapat memberikan penyuluhan kepada warga.

Bacaan Lainnya

“Sehingga warga lebih memahami dan mengerti cara melakukan PSN mandiri di rumahnya masing- masing,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya berharap kegiatan PSN ini dapat meminimalisasi kasus DBD serta populasi nyamuk Aedes Aegypti di Desa Pemogan dan  di Kota Denpasar.

Mengingat kegiatan yang bertepatan dengan bulan pemberian Vitamin A sehingga pihaknya juga melaksanakan kegiatan pemberian Vitamin A dengan menyasar anak usia 6-11 bulan dan 11-59 bulan yang dilaksanakan di Posyandu wilayah dan sekolah Taman Kanak-kanak (TK). Sedangkan untuk pemberian obat cacing kepada anak diberikan bagi anak usia 1-2 tahun.

“Untuk anak usia 2 tahun ke atas juga diberikan obat tentunya dengan dosis yang berbeda,” tandasnya. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.