Menuju 100 Persen TOSS, Bupati Suwirta Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan TPS3R Desa Aan

bupati peletakan batu 6666
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melakukan peletakan batu pertama pembangunan TOSS Desa Aan. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan peletakan batu pertama pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) Aan Asri, Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Rabu (10/8). Turut mendampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung I Ketut Suadnyana, Kadis PUPRPKP, I Made Jati Laksana dan undangan terkait lainnya.

Pembangunan TPS3R ini untuk menuju 100 persen TOSS Desa dalam rangka mengentaskan permasalahan sampah di desa, terutama persoalan sampah plastik. Usai melakukan peletakan batu pertama Bupati Suwirta menyampaikan bahwa Klungkung sangat serius dalam menangani permasalahan sampah. Sementara sudah ada 41 desa yang memiliki TOSS sendiri. Tahun 2023 harus semua dituntaskan.

Bupati Suwirta juga meminta Desa Adat dan Desa Dinas harus berkolaborasi dengan baik untuk mensosialiasikan menyadarkan masyarakat memilah sampah dari sumbernya agar masyarakat Aan ini sadar memilah sampah dari rumah dengan jadwal pembuaang yang disesuaikam dengan Kabupaten sehingga serentak.

“Tidak ada yang susah, tidak ada yang tidak bisa, terus bergerak. Mari kita pilah sampah dari sumbernya agar sampah itu segera bisa kita tuntaskan. Sosialisasi pemilahan sampah dari rumah harus mulai dilakukan dari sekarang, pemilahan dari sumberlah yang paling utama, semua bergerak melakukan sosialisasi pemilahan sampah, sehingga jika TPS3R ini nanti sudah selesai pembangunannya, maka sampah yang masuk ke TPS3R sudah dipilah langsung oleh warga,” jelas Bupati Suwirta

Perbekel Desa Aan I Wayan Wira Adnyana, dalam sambutannya mengatakan pembangunan TPS 3R Desa Aan menggunakan dana dari Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PUPR sebesar 600 Juta dengan luas tanah 12 are dan dikerjakan selama 180 hari kalender.

Wayan Wira Adnyana mengharapkan dengan dibangunnya TPS3R ini dapat menjadikan Desa Aan menjadi desa yang asri bersih dari sampah dengan tujuan sampah di desa bisa diolah di desa tanpa mengotori desa lain. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.