Pemkab Manggarai Gelar Pelatihan Guru Bahasa Manggarai di Ruteng

merdeka belajar
Wakil Bupati Manggarai, Heri Ngabut saat membuka pelatihan guru bahasa Manggarai. (ist)

RUTENG | patrolipost.com – Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut SH membuka kegiatan Pelatihan Guru Utama Berbahasa Manggarai di Hotel Revayah, Ruteng, Mangggarai, Selasa (2/8/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi NTT tersebut diikuti 60 guru utusan sekolah-sekolah dari tiga kabupaten yakni Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur.

Bacaan Lainnya

Wabup Heri Ngabut mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap kegiatan tersebut benar-benar digunakan oleh para guru sebagai ruang ‘berlatih’ menggunakan bahasa Manggarai, terutama mempelajari go’et (ungkapan filosofis Manggarai) serta nilai-nilai  di baliknya.

Meski demikian kata Wabup Heri, mengajar bahasa daerah bukan tugas yang mudah, tetapi Wabup Heri berharap kegiatan ini akan bermanfaat dan mampu mendukung upaya bersama melakukan revitalisasi bahasa Manggarai.

Sebelumnya, Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT menjelaskan bahwa kegiatan Pelatihan Guru Utama Revitalisasi Bahasa Daerah ini dilaksanakan di beberapa kabupaten di Provinsi NTT sebagai salah satu upaya mencegah kepunahan ragam bahasa daerah di provinsi ini.

Selama tiga hari (3-5 Agustus 2022), dua fasilitator akan mendampingi para peserta pelatihan ini yakni penulis sekaligus Ketua Yayasan Klub Buku Petra Ruteng, Robertus Bellarminus Nagut dan komposer lagu-lagu Manggarai dan pimpinan sanggar Wela Rana, Felix Edon.

Turut hadir pada kegiatan pembukaan, Kadis Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Manggarai, Kadis PKO Manggarai Barat, pejabat yang mewakili Kadis PKO Manggarai Timur serta sejumlah undangan lainnya. (pp04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.