Belasan Korban Bencana Terima Bantuan Sosial dari Pemkab Bangli

bantuan bencana
Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta didampingi Sekda Bangli, IB Gede Giri Putra menyerahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi kepada korban bencana, bertempat di pendopo RJ Bupati Bangli. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta didampingi Sekda Bangli IB Gede Giri Putra menyerahkan bantuan sosial secara simbolis kepada korban bencana, Rabu (3/8). Bantuan tersebut bersumber dari anggaran Pemerintah Provinsi Bali.

Kepala BPBD dan Damkar Bangli, I Wayan Wardana menjelaskan, bantuan sosial merupakan penanganan pasca bencana yang bersumber dari anggaran Provinsi Bali. Bantuan sosial yang cair kali ini merupakan usulan tahap kedua.

Bacaan Lainnya

“Tahap kedua usulan proposal dari masyarakat sebanyak 19 penerima dan seluruh usulan diterima,” ujar mantan Camat Bangli ini.

Bantuan tersebut meliputi perbaikan rumah dan fasilitas umum, perbaikan/pengadaan sarana dan prasarana perekonomian, santuan penguatan ekonomi serta santunan kecatatan fisik/mental.

Lanjutnya, bantuan sosial ini langsung ditransfer ke masing-masing penerima. Pemanfaatan bantuan tersebut sesuai dengan usulan proposal sebelumnya.

Diakui, pihaknya telah mengajukan usulan bantuan sosial tahan keempat. Yang mana usulan tersebut meliputi 26 proposal. Sedangkan nilai usulan sekitar Rp 1,51 miliar.

“Ada 26 proposal yang masuk, sebelum diajukan ke provinsi kami lakukan verifikasi. Verikasi untuk memastikan kebenaran kejadian itu (bencana). Jika memenuhi persyaratan baru diajukan,” kata Wayan Wardana didampingi Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Bangli, Sang Ketut Supriadi.

Kemudian usulan dari kabupaten akan diverifikasi lagi oleh petugas dari provinsi. Usulan tahap ke-empat dalam waktu dekat akan diverifikasi. Kemungkinan bantuan bisa cair pada triwulan ke empat.

Sementara itu, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan dengan topografi Bangli, cukup berpotensi terjadi bencana. Dalam menangani bencana ini tidak hanya dari pemerintah kabupaten saja tetapi juga didukung pemerintah provinsi dan pusat.

“Selain mengajukan usulan ke provinsi, Bangli juga mengajukan ke pemerintah pusat,” ungkapnya.

Pihaknya menyampaikan terima kasih atas dukungan dari pemerintah provinsi. Dan berharap penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan sesuai dengan asas pemanfaatnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.