Disperindag dan Dekranasda Gelar Pameran Produk Potensial IKM Denpasar di Plaza Renon

pameran
Ketua Dekranasda Denpasar Antari Jaya Negara, Wakil Ketua Dekranasda Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Denpasar  IA Widnyani Wiradana, serta Kadis Perindag Denpasar Ni Nyoman Sriutari saat hadiri pameran Gelar  Produk Potensial di Plaza Renon. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Denpasar melaksanakan Gelar Produk Potensial dalam pameran produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Denpasar. Gelar Produk Potensial ini dibuka secara resmi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Denpasar AA Gede Risnawan di Plaza Renon, Jumat (29/7/2022).

Hadir dalam pembukaan pameran yakni Ketua Dekranasda Denpasar Antari Jaya Negara, Wakil Ketua Dekranasda Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Denpasar IA Widnyani Wiradana, serta Kadis Perindag Denpasar Ni Nyoman Sriutari.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang akan berlangsung selama 3 hari mulai dari 29-31 Juli 2022 tersebut, bertujuan untuk memperluas jangkauan pemasaran kepada pelaku industri kerajinan dalam situasi pandemi Covid-19.

Dalam sambutan Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Denpasar AA Gede Risnawan mengatakan, semangat berkarya dan berkreasi bagi IKM harus terus difasilitasi diberikan kemudahan dan kesempatan dalam memamerkan karya-karyanya.

Menurutnya sejak dahulu para perajin telah menggali, mengembangkan, dan melestarikan budaya dalam berbagai corak dan ciri khasnya masing-masing. Hal ini tentunya sangat potensial untuk ditingkatkan menjadi komoditas perdagangan yang memiliki daya saing yang tinggi.

Lebih lanjut disampaikan produk-produk unggulan perlu terus dipromosikan serta meningkatkan produktivitas, dan kualitas hasil kerajinan. Terlebih dalam memenuhi cakupan permodalan dan pemanfaatan teknologi dan promosi yang tepat.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada para pengurus Dekranasda Denpasar, para mitra dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi pada pembinaan dan pengembangan produk kerajinan, dan saya berharap melalui pameran ini dapat memulihkan dan merevitalisasi perekonomian para perajin Kota Denpasar pasa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sementara Ketua Dekranasda Denpasar Sagung Antari Jaya Negara menerangkan selain memberikan jangkauan pemasaran yang lebih luas kepada pelaku industri kerajinan setelah selama 2 tahun belakangan ini merasakan dampak dari pandemi Covid-19, pameran Gelar Produk Potensial juga dilakukan sebagai upaya untuk tetap bertahan dalam kelangsungan usaha telah dilakukan melalui pemasaran secara online.

“Tentunya berpameran secara ofline tetap dibutuhkan karena secara langsung dapat bertukar informasi maupun bernegosiasi apakah hasil karya tersebut diterima atau mendapatkan apresiasi pasar,” tuturnya.

Pihaknya menjelaskan, dalam pameran ini juga menggandeng para stakeholder antara lain Inbis UNHI, KOPITU, Krisna Logistik, KADIN, dan Hipmi yang dapat bermitra langsung melalui negosiasi yang disediakan dalam table top dengan para pelaku IKM Denpasar. Tidak hanya itu, dalam Gelar Produk Potensial ini pihaknya juga bekerjasama dengan Pegadaian wilayah VII Denpasar untuk mendukung tenda kuliner yang tempatnya ada di luar lobby Plaza Renon.

“Disamping adanya pameran produk unggulan potensial, juga mempromosikan produk olahan pangan yang bekerjasama dengan TP PKK Kota Denpasar,” sebutnya.

Baginya, hal ini sebagai upaya memperkenalkan bahwa makanan tradisional Bali dapat dinikmati masyarakat pengunjung mall pusat perbelanjaan.

“Makanan tradisional Bali siap masuk mall dan dari segi rasa maupun hal lainnya tidak kalah saing dengan makanan lainnya,” ungkapnya.

Sementara Kadis Perindag Denpasar Ni Nyoman Sri Utari menyampaikan pameran Gelar Produk Potensial ini diikuti pelaku IKM sebanyak 10 IKM kerajinan, aneka dan sandang dan 5 IKM kuliner.

“Tempat dan waktu pelaksanaan dari 29-31 Juli 2022. Adapun penempatannya adalah 10 stan peserta IKM kerajinan, aneka dan sandang bertempat di areal lantai dasar atrium Plaza Renon dan 5 stand kuliner tradisional bertempat di luar lobby selatan Plaza Renon,” imbuh Kadis Perindag Denpasar Ni Nyoman Sri Utari yang didampingi Kepala Bidang Industri Kerajinan, Aneka dan Sandang Disperindag Denpasar Ida Ayu Dewi Citrawati.

Adapun pameran Produk Potensial II akan dilaksanakan akan melibatkan sebanyak 16 IKM di Ramayana Bali Mall pada Oktober 2022 mendatang.

Sedangkan dalam pembukaan Gelar Produk Potensial juga mendapatkan kunjungan dari Ketua TP PKK Pemerintah Kota Solok Sumatra Barat Zulmiyetti Zul Elfian Umar, Wakil Ketua TP  PKK Kota Solok Dona Ramadhani Kirana Putra,  serta Ketua DWP Kota Solok Ridha Saiful. (030)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.