Pemkab Manggarai Lepas Kontingen Jamda dan Jamnas Pramuka Kwarcab Manggarai 2022

lepas kontingen1
Pelepasan kontingen Jamda IX dan Jamnas X Pramuka Kwarcab Manggarai 2022. (ist)

RUTENG | patrolipost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai mengukuhkan Pramuka Garuda dan Pelepasan kontingen Jambore Daerah (Jamda) IX dan Jambore Nasional (Jamnas) X.  Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Drs Jahang Fansi Aldus  secara resmi melepaskan Kontingen Jamda dan Jamnas di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai, Kamis (28/07/2022).

Jamda IX rencananya akan digelar di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, sedangkan Jamnas aka digelar di Cibubur, Jakarta.

Bacaan Lainnya

Sekda Fansy dalam sambutannya mengatakan, hakekat dari pertemuan ini adalah sarana pendidikan dan pertemuan besar bagi Pramuka penggalang yang bertujuan untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan, mengukuhkan jiwa persatuan dan kesatuannya.

Dalam mencapai tujuan ini, Dirinya mengatakan bahwa tidak hanya tergantung pada anggota Pramuka, tetapi juga sangat ditentukan oleh berbagai komponen yang mendukung terselenggaranya kegiatan ini, yaitu para guru, pembina pramuka, orangtua dan stakeholder lainnya.

Menurut Sekda Fansi, 14 orang yang diutus untuk mengikuti Jamda Provinsi NTT melalui proses seleksi yang ketat, tidak asal comot sana sini. Banyak juga yang gagal dan mengundurkan diri dalam proses seleksi itu.

Anak-anak ini diutus mewakili Manggarai, mereka sudah dipersiapkan dengan banyak hal. Mereka yang berangkat ini akan balik ke Ruteng lagi pada 27 Agustus. “Kalian adalah siswa-siswi terpilih dari beberapa sekolah di Kabupaten Manggarai,”  ujarnya.

Kegiatan Jambore ini akan dilaksanakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sekda Fansy meminta kepada pendamping dari Kwarcab untuk bekerja dengan baik, jangan sampai berdampak pada peserta.

“Tim ini harus kompak memberikan pelajaran kepada anak-anak kita. Terima kasih atas dukungan dari banyak pihak kepada anak-anak ini. Kita harapkan kegiatan selama satu bulan ini dapat berlangsung dengan sukses,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Pengurus Kwarcab Manggarai, Kadis PPO Kabupaten Manggarai, Fransiskus Gero SPd, para pendamping,  orangtua peserta Jamda dan Jamnas, beserta seluruh peserta Jamda dan Jamnas. (pp04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.