Jokowi: Pemerintah Utamakan Keseimbangan Konservasi dan Ekonomi

pulau komodo3
Destinasi Wisata Loh Liang, Pulau Rinca. (afri)

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah akan tetap mengutamakan kepentingan konservasi di Pulau Komodo demi menjaga kelestarian satwa Komodo.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi seusai meresmikan penataan sarana dan prasarana (Sarpras) di Pulau Rinca, Kamis (21/07). Jokowi menyebutkan meskipun pemerintah terus menggenjot upaya pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata, namun diperlukan juga keseimbangan terhadap kelestarian lingkungan.

Bacaan Lainnya

“Jadi kita ingin konservasi, tapi kita juga ingin ekonomi lewat turis, lewat wisatawan. Ini harus seimbang. Di Labuan Ini beruntung karena komodo itu tidak hanya hidup di satu pulau, ada di Pulau Komodo, ada di Pulau Rinca di sini,” ujarnya.

Untuk itu Jokowi menyebutkan dengan dibukanya kembali destinasi wisata Pulau Rinca dengan sederet Sarpras penunjang, wisatawan bisa menyaksikan komodo dengan aman dan nyaman.

“Yang konservasi kemarin sudah sepakat semuanya di Pulau Komodo dan Pulau Padar. Yang untuk wisatawan diberikan ke Pulau Rinca sehingga ini kita benahi untuk wisatawan dan juga komodonya. Komodo di Pulau Komodo dan Pulau Rinca itu juga sama, nah bayarnya berapa, ya tetap,” ujar Jokowi.

Namun Jokowi menyampaikan, adapun bagi wisatawan yang berkeinginan melihat komodo di Pulau Komodo, tentu harus membayar dengan harga khusus. Ia menyampaikan, konservasi yang dilakukan di Pulau Komodo merupakan tindak lanjut dari upaya pemerintah menjaga kelestarian ekosistem komodo.

“Kalau mau lihat yang di Pulau Komodo silakan nggak apa-apa juga, tapi ada tarifnya. Yang simple-simpel begitu jangan dibawa kemana mana, karena pegiat lingkungan, pegiat konservasi harus kita hargai juga masukan mereka,” tuturnya. (334)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.