Antisipasi Wabah PMK, Bhabinkamtibmas di Mengwi Gelar Penyemprotan Disinfektan Ternak Warga

ternak mengwi
Penyemprotan disinfektan dan pemberian obat cacing terhadap hewan ternak warga di Kelurahan Kerobokan Kaja dan Desa Sembung Polsek Mengwi. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Sebagai upaya mengantisipasi penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Bhabinkamtibmas Kelurahan Kerobokan Kaja menggelar penyemprotan disinfektan dan pemberian obat cacing terhadap hewan ternak warga. Hal sama juga dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Sembung Polsek Mengwi, Senin (11/7/2022).

Bhabinkamtibmas Kelurahan Kerobokan Kaja Bripka Gede Eka Pratama mengatakan penyemprotan disinfektan dilakukannya bersama Satgas PMK Kecamatan Kuta Utara. Adapun penyemprotan disinfektan ini bertujuan untuk membunuh kuman di kandang agar tetap steril. Selain penyemprotan disinfektan, pemberian vitamin dan obat cacing juga dilakukan terhadap ternak warga di Lingkungan Beluran dan Muding Mekar, Kelurahan Kerobokan Kaja.

Bacaan Lainnya

“Ada sebanyak 18 ekor sapi yang sudah di berikan vitamin dan obat cacing. Kita juga memberikan imbauan kepada warga yang memiliki ternak sapi, kambing, maupun babi agar tetap menjaga kebersihan kandang, serta segera melaporkan apabila ada indikasi sakit pada hewan ternak agar kita dapat melakukan penanganan,” terangnya.

Tidak hanya itu, Bhabinkamtibmas Desa Sembung Polsek Mengwi Aiptu Dewa Ketut Putra Arsana juga terus melakukan pencegahan dengan menyemprotkan disinfektan di sekitar kandang sapi di wilayahnya. Dia  menuturkan penyemprotan disinfektan Profektan kali ini menyasar kandang sapi Simantri 588 Poktan Gema Makmur Sejati, Subak Mungkagan, Banjar Dangin Bingin, Desa Sembung Mengwi. Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas Aiptu Dewa Ketut Putra Arsana bersinergi dengan Drh I Putu Suparman didampingi 2 tenaga medis dan Ketua Poktan I Made Dana Yasa untuk mencegah terjangkitnya virus PMK.

“Selain melakukan penyemprotan disinfektan menjaga kebersihan kandang dan hewan wajib dilakukan untuk menghindari terjangkitnya virus PMK,” pungkasnya. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.