Walikota Buka MPLS SMP se-Kota Denpasar

mpls smp
Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar I Ketut Suteja Kumara saat membuka MPLS SMP di Kota Denpasar. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam rangka memberikan pengenalan mengenai lingkungan sekolah bagi siswa baru. MPLS yang mengusung tema “Melalui Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Kita Wujudkan Sekolah Hebat Menuju Denpasar Maju” ini dipusatkan di SMPN 2 Denpasar dibuka mulai, Senin (11/7/2022) – Rabu (13/7/2022) mendatang.

Adapun sasaran MPLS yakni siswa kelas 7 SMP, baik negeri maupun swasta dengan melibatkan pengurus OSIS, Guru dan intansi terkait.

Bacaan Lainnya

“Pembukaan kegiatan memiliki tujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru,” ujar Kadisdikpora Kota Denpasar AA Gede Wiratama.

Lebih lanjut dikatakannya, setiap jenjang pendidikan memiliki ciri khas dan khusus yang membedakannya dengan jenjang pendidikan lainnya.

“Adanya ciri khusus pada setiap jenjang pendidikan menyebabkan beberapa kebiasaan dijalankan sebelumnya perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada pada jenjang pendidikan saat ini yang lebih sesuai dengan tingkat perkembangan kemampuan mental psikologis siswa,” katanya.

Wiratama menuturkan, MPLS di Denpasar dilaksanakan selama 3 hari dan telah dimulai dari Senin, 11-13 Juli 2022 mendatang. Kemudian akan dilanjutkan dengan bakti sosial di lingkungan sekolah, Kamis (14/7/2022).

Tak hanya itu, MPLS ini diharapkan dapat mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya serta menumbuhkan prilaku positif. Antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persaudaraan. Kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotang royong.

Selain itu, tentunya MPLS ini sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kota Denpasar yakni “Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju”. Adapun salah satu misinya meningkatkan kemakmuran masyarakat Kota Denpasar melalui peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan dan pendapatan masyarakat yang berkeadilan. Karenanya, sektor pendidikan menjadi salah satu prioritas utama dengan mewujudkan pendidikan di Kota Denpasar yang lebih bermutu, relevansi, berdaya saing, dan terakses merata di setiap wilayah.

Sementara Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengungkapkan untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, peningkatan pelayanan pendidikan, meningkatkan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal.

Menurutnya, kegiatan MPLS sangat penting bagi peserta didik baru untuk memperkenalkan lingkungan barunya agar diketahui dan dipahami dengan baik, sehingga merasa nyaman dan aman sebagai peserta didik baru karena diperlakukan dengan baik, wajar, dan ramah oleh seluruh warga satuan pendidikan barunya.

“Pengenalan lingkungan sekolah ini harus bisa memberikan kesan positif dan hangat kepada para peserta didik baru untuk memulai proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan di jenjang pendidikan barunya. Karenanya, dalam kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini diimbau agar dihindari model-model kegiatan yang mengarah pada perpeloncoan,” tandasnya. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.