Dugaan Terjadi Penyimpangan, Puluhan Pemilik Usaha di Bangli Dipanggil Unit Tipikor

kanit tipikor bangli
Kanit Tipikor Sat Reskrim Polres Bangli Ipda I Wayan Dwipayana SH MH. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Sat Reskrim Polres Bangli memanggil beberapa pemilik usaha hotel dan restoran. Pemanggilan pemilik usaha dilakukan guna dimintai klarifikasi terkait pembayaran Pajak Hotel dan Restoran (PHR)  untuk tahun 2021.

Kanit Tipikor Sat Reskrim Polres Bangli Ipda I Wayan Dwipayana saat dikonfirmasi membenarkan pihaknya telah lakukan pemanggilan pemilik usaha, baik yang bergerak di usaha restoran/ rumah makan, hotel dan coffe shop.

Bacaan Lainnya

”Pemanggilan sudah kami lakukan sejak bulan Januari kemarin, setidaknya ada 35 pemilik usaha telah diminta klarifikasinya,” tegas Ipda Wayan Dwipayana, Minggu (10/7/2022).

Lanjut Ipda Wayan Dwipayana pemanggilan pemilik usaha yang tersebar di empat kecamatan ini dilakukan karena ada indikasi atau dugaan awal ketidaksesuaian penyetoran pajak.

”Pajak sebesar 10 persen yang disetor ke kas daerah merupakan titipan dari konsumen dan sudah barang tentu harus disetorkan ke kas daerah, dan ini jadi atensi kami,” sebut perwira asal Desa Taro, Kecamatan Tegalalang, Ginyar ini.

Menurut  Ipda Wayan Dwipayana dalam waktu dekat ini pihaknya akan kembali meminta klarifikasi dan dalam kaitan proses pernyelidikan pihaknya berkordinasi dengan Pemda dalam hal ini dengan Badan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BKPAD) Bangli.

Ipda Wayan Dwipayana menegaskan jika dalam penyelidikan ditemukan perbuatan melanggar hokum, maka  pihaknya tidak sungkan- sungkan akan tingkatkan ke penyidikan.”Penyelidikan merupakan serangkian tindakan untuk mencari dan temukan suatu pristiwa yang diduga sebagai tindak pindana, jika indikasi kuat maka status akan dinaikan jadi proses penyidikan,” ungkap  Ipda Wayan Dwipayana.

Dalam menangani masalah pajak ini tentu akan libatkan tim ahli, semisal untuk menghitung kerugian keuangan negara akan manfaatkan jasa akuntan publik.

”Tunggu tim sedang bekerja, jika ada perkembangkan pasti akan disampaikan ke media,” tutup Ipda Wayan Dwipayana. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.