Idul Adha 1443H, Polres Badung Terjunkan Ratusan Personel Pantau Takbiran hingga Shalat Ied

malam takbiran
Pemantauan dan pengamanan pelaksanaan malam takbiran di wilayah Kabupaten Badung. (ist)

MANGUPURA | patrolipost.com – Dalam memastikan keamanan dan kenyamanan warganya, ratusan personel jajaran Polres Badung diterjunkan untuk memantau pelaksanaan malam takbiran dan Shalat Hari Raya Idul Adha (Ied) 1443 Hijriah. Selain itu, para jamaah diimbau tetap mengutamakan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes).

“Kita turunkan 322 personel dalam pengamanan Shalat Ied besok, Minggu (10/7/2022) pagi,” kata Wakapolres Badung Kompol I Ketut Dana saat berkeliling memantau pelaksanaan malam takbiran menyambut Ied, Sabtu (9/7/2022).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut dikatakan bahwa masyarakat yang merayakan telah melaksanakan malam takbiran dengan baik di seluruh masjid dan mushola di wilayah Kabupaten Badung. Diantaranya Musholla Nurul Hikmah Kuta Utara, Musholla Al-Barokah Perum Permata Anyar Mengwi, dan Masjid Al Hazanah Canggu Permai.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat, khususnya umat muslim yang akan merayakan Hari Raya Idul Adha, telah mematuhi imbauan pemerintah tidak melakukan takbiran di luar masjid maupun mushola serta melakukannya dengan mematuhi Protokol Kesehatan, semoga besok juga bisa berjalan seperti malam ini, saat melaksanakan Shalat Ied,” tuturnya.

Kompol I Ketut Dana mengungkapkan bahwa perayaan Idul Adha 2022 kali ini memang mendapatkan kelonggaran terkait penggunaan masker, meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19. Namun, masyarakat khususnya yang merayakan Ied agar selalu waspada dan mengantisipasi terjadinya penularan dengan tetap menerapkan Prokes.

“Tentunya penerapan tidak hanya dalam perayaan Idul Adha, tapi juga saat masyarakat beraktivitas baik di dalam maupun di luar rumah nantinya. Prokes tetap yang utama dalam mencegah,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Kapolsek Kuta Utara Kompol Putu Diah Kurniawandari saat memantau pawai takbiran di Masjid Al Hazanah Canggu Permai. Pihaknya menegaskan agar jamaah tetap mengutamakan Prokes.

Tidak hanya itu, Kompol Putu Diah juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mematuhi imbauan pemerintah serta tidak melakukan takbiran berlebihan. Pihaknya mengaku, kegiatan pengamanan dan kelancaran terhadap rangkaian Ied 1443H diawali dengan pelaksanaan apel kesiapan di Mako Polsek Kuta Utara dengan dihadiri seluruh personel yang terseprin pada Sabtu (9/7/2022) sore.

Kompol Putu Diah membeberkan bahwa Polsek Kuta Utara telah menerjunkan sebanyak 26 personel untuk melaksanakan pengamanan. Mulai dari takbiran, hingga nanti dalam pelaksanaan Shalat Ied dan pemotongan hewan kurban baik di mushola, masjid maupun di lapangan.

“Semoga pelaksanan Shalat Idul Adha 1443 H di wilayah Kecamatan Kuta Utara berjalan dengan aman dan lancar,”  ucap Kompol Putu Diah.

Sementara itu, Kapolsek Mengwi Kompol Nyoman Darsana menyampaikan telah memploting anggotanya dalam pengamanan malam takbiran di 2 lokasi, yakni di Yayasan RMW Al-Barokah Perum Permata Anyar Lukluk dan di Yayasan Nurul Ishlah Abianbase Mengwi. Dimana kegiatan pengamanan tidak hanya memberikan rasa aman dan nyaman kepada jamaah. Dalam kegiatan tersebut, pihaknya juga mengajak semua jamaah untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan terlebih di Hari Raya Idul Adha.

“Pelaksanaan malam takbiran tetap mengacu pada Protokol Kesehatan untuk menekan angka terkonfirmasi virus Corona,” pungkasnya. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.