Bunda PAUD Gianyar Menggagas Pendirian TPA Negeri Gianyar

gianyar 11
Bunda PAUD Gianyar, Ny Surya Adnyani Mahayastra. (ist)

GIANYAR | patrolipost.com – Sebagai kabupaten layak anak, Gianyar terus memastikan hak-hak anak di wilayahnya terpenuhi dengan baik. Setelah sebelumnya aktif mengunjungi Kelompok Bermain dan PAUD melalui roadshow pemberian bantuan makanan tambahan dan penanganan penurunan stunting, Bunda PAUD Gianyar menggagas pendirian Taman Penitipan Anak (TPA) Negeri.

Gagasan ini karena melihat fenomena pegawai Pemkab Gianyar yang kesulitan menyeimbangkan antara bekerja dengan pengasuhan anak balitanya. Bunda PAUD Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra menggagas berdirinya Taman Penitipan Anak (TPA) Negeri ini dikhususkan bagi pegawai Pemkab Gianyar untuk menitipkan anaknya yang berusia 2-4 tahun.

“Mereka ini biasanya perantauan, tinggal berdua (suami-istri) tanpa didampingi orang tua dan keduanya bekerja, dan pengasuhan anak menjadi kesulitan tersendiri, jadi inilah awal mula gagasan membuat tempat penitipan anak tersebut,” ujar Ny Surya Adnyani Mahayastra saat ditemui di kantor sekretariat PKK Kabupaten Gianyar, Selasa (5/7).

Ditambahkannya, yang menjadi dasar pendirian TPA Negeri Gianyar adalah Permendikbud No. 84 tahun 2014 tentang Pendirian Satuan PAUD, dimana di dalamnya terdapat Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK). Pihaknya memastikan bahwa pendirian TPA Negeri ini legalitasnya jelas.

“Ini merupakan salah satu peran dari bunda PAUD yaitu memberikan fasilitas pengasuhan pada anak. Dengan adanya TPA Negeri ini kita memastikan anak-anak dari pegawai Pemkab Gianyar mendapatkan pengasuhan yang tepat selama orang tuanya bekerja, disamping itu kita juga memastikan gizi dan kesehatannya, karena TPA ini juga akan ada tenaga kesehatan seperti dokter gigi dan dokter anak, sehingga juga mendeteksi dini jika ada masalah kesehatan,” papar Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Bangunan TPA Negeri Gianyar sudah rampung, berlokasi di ex kantor sekretariat PKK. Saat ini tinggal penataan sarana dan prasarana yang ada serta dari segi regulasi TP.PKK sedang menyusun payung hukum berupa Perbup atau surat keputusan bupati sehingga jelas dan kuat.

“Ini masih dalam proses, mudah-mudahan tahun ini semua sudah selesai. Jadi segera bisa kita launching,” harap Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Untuk pengelolaan TPA ini, Ny Surya Adnyani Mahayastra mengatakan bahwa personelnya sudah ada. Terdiri dari kepala sekolah, tenaga administrasi, pengasuh, dan tenaga kesehatan.

“Pengelola ini kita ambil dari tenaga yang sudah ada, jadi ada guru PNS di PAUD, GTT, dan tenaga kesehatan kita memanfaatkan tenaga yang sudah ada sehingga tidak membebani anggaran, lebih lanjut untuk teknis penempatan para guru ini akan ditangani oleh Dinas Pendidikan,” tegasnya.

Bunda PAUD Gianyar, Ny Surya Adnyani Mahayastra berharap TPA ini menjadi solusi bagi pegawai Pemkab yang tidak memiliki pengasuh.

“Ayah atau ibunya yang merupakan pegawai Pemkab Gianyar, dapat memaksimalkan kinerjanya melayani masyarakat Gianyar tanpa khawatir akan pengasuhan anaknya,” tandas Ny Surya Adnyani. (kominfo/eka/ati)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.