Cegah Penularan PMK, Pasar Hewan Kayuambua Dilockdown

pasar hewan kayuambua
Kondisi pasar hewan Kayuambua pasca dilockdown. (sam)

BANGLI | patrolipost.com – Merebaknya serangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak sapi, berimbas ditutupnya  Pasar Hewan Kayuambua, Kecamatan  Susut, Bangli.  Penutupan pasar hewan terbesar di Kabupaten Bangli ini, dilakukan per Selasa (5/7/2022).

Menurut  Koordinator Pasar Hewan Kayuambua, I Nengah Degdeg, penutupan Pasar Kayuambua dilakukan setelah adanya instruksi dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Bali.

Bacaan Lainnya

“Penutupan Pasar Hewan Kayuambua kita lakukan dari tadi pagi (Selasa-red). Sebab, baru kemarin kita diintruksikan untuk melockdown aktivitas jual beli hewan  di pasar ini,” tegasnya.

Sesuai surat edaran terkait instruksi tersebut, direncanakan penutupan akan dilakukan selama 14 hari ke depan.

Disebutkan, sebelum penutupan Pasar Kayuambua, sejatinya pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk melakukan pencegahan berbagai penyakit pada hewan, termasuk penyebaran PMK.

“Untuk upaya pencegahan, sebelumnya juga sudah dilakukan secara rutin oleh petugas dari Kesehatan Hewan, Dinas PKP Bangli. Seperti pemberian vitamin untuk hewan, termasuk spraying,” sebutnya.

Sejauh ini diketahui di wilayah Kabupaten Bangli baru ditemukan dua ekor sapi yang dinyatakan positif terjangkit PMK di Dusun Tabih, Desa Buahan, Kintamani.

Lebih lanjut dengan adanya penutupan Pasar Hewan Kayuambua, otomatis akan menyebabkan transaksi jual beli sapi akan mengalami penurunan yang siginifikant. Terlebih, pedagang di Pasar Hewan Kayuambua ini juga dimanfaatkan oleh pedagang dari luar Bangli. Seperti, Buleleng, Karangasem, Gianyar dan sekitarnya.

Sebut  I Nengah Degdeg  Pasar Hewan Kayuambua yang dibuka setiap tiga hari sekali, rata-rata sapi yang masuk sebanyak 150 ekor. Namun jelang hari raya Idul Adha meningkat mencapai 200 ekor.

“Jelang Idul Adha, harga sapi juga mengalami kenaikan,” jelasnya.

Untuk harga sapi yang beratnya di bawah 350 kg seharga Rp 48 ribu per kilo naik menjadi Rp 50 ribu per kilo. Sedangkan untuk Sapi dengan berat di atas 350 kg, saat ini harga di kisaran Rp 52 ribu. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.