Kenang Pengabdian Sr Virgula, Bupati Hery Berencana Abadikan Namanya pada Salah Satu Jalan di Manggarai

misa
Bupati Manggarai, Hery Nabit saat menghadiri acara misa penutupan mengenang  Sr Virgula di Gereja St Damian Cancar. (ist)

RUTENG | patrolipost.com – Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit SE MA berencana mengenang Suster Virgula Maria Schmitt SSpS, seorang Biarawati Katolik asal Jerman yang telah meninggal dunia. Pengabdian dan jasa Suster Virgula menggerakkan Bupati Hery untuk mengabadikan namanya melalui pemberian nama jalan di Manggarai.

Demikian disampaikan Bupati Hery saat  menghadiri misa penutupan mengenang di Gereja St Damian Cancar, Kecamatan Ruteng, Minggu (3/7/2022).

Sr Virgula merupakan biarawati dan misionaris kelahiran Grunebach Jerman 3 September 1929. Ia mulai berkarya di Manggarai sejak tahun 1965 lalu. Dia merupakan perintis dan pendiri Panti Rehabilitas Difabel dan Kusta St Damian Cancar, Manggarai dan Rumah Sakit St Rafael Cancar yang terletak di Cancar, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai.

Dia juga mendirikan Pusat Rehabilitas di Binongko, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Namun karena alasan usia dan kesehatan sehingga pada tahun 2014 lalu, ia kembali ke biara induk SSpS di Steyl, Belanda hingga menutup ziarah hidupnya.

Bupati Hery menyampaikan turut berdukacita atas berpulangnya Sr Virgula pada Senin, 27 Juni 2022 lalu. Atas nama masyarakat dan Pemkab Manggarai, Bupati Hery menyampaikan terima kasih atas pengabdian dan karya yang luar biasa dari Sr Virgula untuk Kabupaten Manggarai.

“Sebagai bentuk penghargaan, kami berencana nama Sr Virgula digunakan sebagai nama salah satu jalan di Kabupaten Manggarai. Supaya sampai kapan pun jasanya selalu dikenang,” katanya.

Bupati Hery juga berharap karya yang sudah dilakukan oleh Sr Virgula bisa dilanjutkan sampai kapan pun, meski ia sudah kembali ke pangkuan Ilahi. Semangat pelayanannya yang tak kenal lelah dan tanpa pamrih patut diteladani baik oleh para penerusnya maupun oleh pejabat pemerintahan. (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.