Seniman Kayonan-Purwakarta Hibur Masyarakat Klungkung

festival 11111
Festival tari persahabatan dibuka oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta di area Medal Agung Kabupaten Klungkung.(ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Masyarakat Klungkung mendapat hiburan spesial dari para seniman kolaborasi Sanggar Seni Kayonan Klungkung dengan delapan Sanggar Seni Purwakarta Jawa Barat, Sabtu (3/7) malam. Kegiatan yang terangkum dalam festival tari persahabatan ini dibuka oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta di area Medal Agung Kabupaten Klungkung.

Para seniman dari Sanggar Seni Kayonan dan Purwakarta secara bergantian menampilkan tarian masing – masing. Namun di akhir pementasan diisi dengan tari Pendet yang dibawakan secara kolaborasi antara penari kayonan dan beberapa penari dari Purwakarta.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dalam sambutannya mengatakan Klungkung yang dulunya merupakan pusat kebudayaan di Pulau Bali berupaya ingin dikembalikan lagi ke masa emasnya. Untuk itu pemerintah Provinsi Bali saat ini membangun Pusat Kebudayaan Bali yang menumental di wilayah Kabupaten Klungkung.

“Seni memang harus terus dikembangkan, saya menyambut pementasan malam ini dan sepakat kita memberikan ruang kepada tamu seniman dari Purwakarta untuk tampil seluas luasnya di sini. Saya juga sudah tugaskan Kepala Dinas Kebudayaan untuk memasang anggaran sehingga Klungkung bisa melakukan kunjungan balasan ke Purwakarta Jawa Barat,” ujar Bupati Suwirta disambut tepuk tangan seluruh seniman dan pengunjung.

Sementara itu, Ketua Sanggar Kayonan Klungkung Dewa Alit Saputra mengatakan dirinya merasa terharu karena berkat program ini seniman Klungkung dengan seniman dari Jawa Barat ini menjadi saling mengenal kreasi kesenian masing-masing. Untuk pementasan ini pihaknya mengaku menampilkan materi yang siap pakai seperti tari Barong, Baleganrur dan Tari Rebong Puspa Mekar.

Dari sanggar Purwakarta membawakan Tarian Gelagar Odeng, Tari Kolosebo, Tari Sampurasun, Tari Gogige, Tari Dharma Pertiwi dan Hanuman Duta. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini pihaknya berencana melakukan kunjungan balasan ke Jawa Barat sebagai bukti akan kecintaannya kepada seni tari nusantara.

Turut hadir dalam pementasan ini, Ny Ayu Suwirta, Kadis Kebudayaan Klungkung, Camat Klungkung dan perwakilan Polres serta Dandim 1610 Klungkung. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.