Perupa AS Yaari Rom Tampilkan Karya Spektakuler di Tuban Bali

pelukis
Perupa asal Amerika Serikat Yaari Rom mengisi agenda eksibisi di Park23 Gallery & Creative Hub, Tuban Bali mulai 6-29 Juli 2022. (maha)

MANGUPURA | patrolipost.com – Karya eksentrik dari perupa asal Amerika Serikat Yaari Rom mengisi agenda eksibisi di Park23 Gallery & Creative Hub, Tuban Bali mulai 6-29 Juli 2022. Pameran digelar setiap hari pukul 12.00-20.00 Wita. Selain menampilkan karya lukisan, event ini juga dimeriahkan dengan serangkaian talkshow dan lokakarya.

Yaari merupakan seniman serba bisa dengan kepribadian flamboyan. Melalui karya seninya yang spektakuler, karya-karya yang ditampilkan terinspirasi oleh kompleksitas keterlibatan manusia dan alam dengan kebebasan berekspresi.

“Saya tiba di Bali pada tahun 2003, langsung merasa seperti pulang kembali ke rumah dengan keindahan pulau dan unsur spiritualitas budaya Bali yang menakjubkan,” kata Yaari, Senin, 4 Juli 2022.

Seniman asal Amerika Serikat ini mulai melukis pada usia belia. Berasal dari keluarga pemikir yang kreatif, Yaari juga mengembangkan bakat seni pertunjukan dan mengekspresikan imajinasinya ke dalam cerita dongeng melalui musik dan tari.

Berkeliling dunia selama bertahun-tahun, Yaari berpartisipasi dalam teater dan seni jalanan. Yaari banyak bergaul dengan bintang industri musik seperti Rod Stewart, Long John Baldry dan Lesley Duncan, sebelum membentuk bandnya sendiri ‘The Dandy Boys’, lewat waktu membawa gaya musik yang sangat beragam dan perjalanan ekstremnya.

Selanjutnya, Yaari menetap untuk mengekspresikan diri dengan seni dan lukisannya dan membawanya ke Pulau Dewata Bali.

Diprakarsai oleh ibu dan teman-temannya yang sudah akrab dengan Bali, ia mendirikan studio pertamanya di Penestanan, Ubud. Keindahan alam yang memikat menginspirasi Yaari untuk membagikan visinya dan menciptakan sekolah kecil untuk anak lokal.

Setelah bertahun tahun membangun sekolah, ia tertarik pada pengembangan yang lebih besar. Yaari memutuskan untuk pindah ke Seminyak. Ia membangun Yaari Toya Center kedua bersama Ni Made Toya. Dia memiliki banyak siswa dan terus mengembangkan pendidikan, bekerja sama dangan banyak LSM dan lembaga seni.

Menjadi seniman multi talenta, Yaari menampilkan perjalanan dan komitmen pada kesinambungan alam lewat ‘The Art of Mother Earth’. Dalam karyanya Ia mengambil peran untuk planet kita bersama, yang lahir dari urgensi berbagai masalah lingkungan saat ini, serta didorong oleh niat positif yang kuat.

Ni Made Toya, seorang pelukis asal Bali mengatakan, tekad untuk melindungi bumi lewat karya seninya, dijadikan sebagai bentuk perlawanan pada ketidakpedulian orang.

“Sekaligus, merefleksikan kebiasaan buruk kita di bidang Iingkungan serta perilaku sosial. Ia merasa bertanggungjawab sebagai seorang seniman sepanjang sejarah mengambil peran dalam menceritakan sebuah kisah ironis melalui konten visual,” kata Ni Made Toya.

Melalui penggunaan tema yang mudah dipahami dengan karya visual yang unik, seniman ini mengajak penikmat lukisan untuk membebaskan diri dalam pemikiran, kreasi, dan dan kembali kepada alam.

Melalui pameran retrospektif ini, jiwa art sebuah karya bertransformasi dengan beragam ekspresi karya garis hitam dan putih formasi warna, monoton, buram dan pigmen fluoresan.

“Karya Ini merupakan gerakan untuk merayakan kesadaran kita, semua makhluk di muka bumi, untuk bersama sama menciptakan perjalanan, tanggung jawab pada Ibu Pertiwi lewat inspirasi visual,” jelas Made Toya. (pp03)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.