Pemuda Demokrat Indonesia DPC Klungkung Gelar Aksi Sosial Lepas 100 Tukik

lepas tukik
Pelepasan tukik di Pantai Watu Klotok, Klungkung. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Memperingati HUT ke-75 Pemuda Demokrat Indonesia DPC Klungkung menggelar berbagai kegiatan sosial. Antara lain pelepasan 100 ekor tukik (anak kura-kura), bersih-bersih sampah dan penanaman bibit pohon perindang dipusatkan di Pantai Watu Klotok, Sabtu (2/7/2022).

Kegiatan sosial berbasis lingkungan dan ekosistem mengusung semangat Marhaenisme ini dihadiri langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta SPd MM dengan jajaran OPD terkait di lingkungan pemerintahan Kabupaten Klungkung. Selain itu juga menggandeng seluruh organisasi kepemudaan (OKP) yang ada di Kabupaten Klungkung, dan pengurus Pemuda Demokrat Indonesia se-Bali.

Bacaan Lainnya

Ketua DPC Pemuda Demokrat Indonesia Kabupaten Klungkung Ida Bagus Nyoman Wiskayana SE menyatakan, kegiatan aksi sosial berbasis lingkungan dan ekosistem adalah rangkaian HUT Pemuda Demokrat Indonesia yang ke-75 sekaligus sebagai bagian memperkenalkan kepada masyarakat organisasi Pemuda Demokrat Indonesia.

“Melalui kegiatan ini generasi muda diajak mengaktualisaskan pemikiran Bung Karno dalam pembangunan bangsa dan negara melalui kepedulian lingkungan dan ekosistem ke depan bagi anak, cucu kita di masa mendatang,” tegasnya.

AA Made Angga Hartayana SPd SH selaku Ketua DPD Pemuda Demokrat Indonesia Bali menyampaikan, Pemuda Demokrat Indonesia se-Bali haruslah memiliki progam-progam visioner dengan mengarahkan prinsip-prinsip pemikiran Bung Karno bagi keberlangsungan pembangunan di daerah masing-masing. Selain itu harus siap bersinergi dengan siapa pun, baik pemerintah, organisasi kepemudaan, masyarakat dan elemen masyarakaat lainnya.

“Kegiatan Pemuda Demokrat Klungkung ini adalah wujud dari Tri Sakti; berdikari dalam Ekonomi dan berkepribadian dalam Kebudayaan sebagai bentuk revolusi suatu bangsa. Jika sampah dan alam kita rusak maka jelas kita tidak akan bisa berdikari secara ekonomi, dan sampah bukanlah kebudayaan oleh karena itu, ke depan DPC lainnya agar dapat mengikutinya,” tegasnya.

Di sisi lain Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sangat mengapresiasi kegiatan Aksi Sosial Menjaga Lingkungan dan Ekosistem yang dilakukan hari ini.

“Saya sampai searching di Google berkaitan dengan apa sesungguhnya Pemuda Demokrat Indonesia ini? Ternyata organisasi ini telah berumur 75 tahun. Selamat untuk seluruh pengurus di Bali. Ke depan saya harapkan sinergi ini tetap berlanjut berkaitan dengan menjaga ekosistem dan lingkungan,” ujarnya.

Menurut bupati, kegiatan hari ini sejalan dengan dasar atau pondasi Gema Santi. Karena Gema Santi singkatan dari Gerakan Masyarakat yang Santun dan Inovatif dan seluruh program yang dibuat bertujuan untuk memberikan kebahagian kepada seluruh masyarakat di Klungkung. Selain itu, keaktifan dan peran serta dari masyarakat juga diharapkan dalam proses pembangunan dan mendukung seluruh program pemerintah. (rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.