Gorong-gorong Tersumbat, Akses ke Objek Wisata Goa Garba Tergenang

Pertigaan Nanjar Taman, Bedulu menuju Semabaung, Pura Samuan Tiga, dan Objek Wisata Goa Garba rusak akibat sumbatan endapan dan sampah.

GIANYAR | patrolipost.com – Saluran irigasi di Banjar Taman, pertigaan menuju ke Pura Samuan Tiga, Bedulu sejak dua tahun lalu tersumbat. Sumbatan saluran irigasi ini menyebabkan air tergenang dan meluap sampai menutupi jalan.

Tak hanya tergenang, di sekitar sumbatan saluran irigasi tersebut dipenuhi sampah plastik, sehingga menimbulkan pemandangan tidak sedap. Padahal, jalan tersebut merupakan jalur vital menuju ke objek wisata Goa Garba dan sejumlah objek wisata lainnya di Desa Pejeng Kangin Tampaksiring.

Bacaan Lainnya

Kondisi ini juga dikeluhkan oleh Kelian  Banjar Taman, Nyoman Leko. Ditemui, Rabu (27/11), Leko mengakui jika saluran irigasi tersebut sudah mengalami kerusakan lebih dari setahun lalu. Saluran tersebut pernah diperbaiki, namun hanya pengedukan material endapan termasuk sampah plastik. Namun,  saat hujan turun semalam, saluran tersebut tersumbat.

Akibatnya,  suplai air ke subak di wilayah Semebaung mengecil, sebab airnya terbuang percuma akibat sumbatan tersebut. Di sisi lain, sumbatan tersebut menyebabkan kerusakan pada jalan, sehingga berlubang.

“Jalan ini merupakan akses yang sangat penting, karena menuju ke objek wisata Goa Garba dan lainnya.  Saya harap ada perbaikan dengan memperbesar gorong-gorong saluran irigasi yang menuju ke arah Pura Samuan Tiga,” harapnya.

Di tempat terpisah, Kadis PUPR Gianyar Wayan Karya mengakui adanya kerusakan jalan tersebut. Bahkan sudah ada  laporannya yang masuk. Atas laporan itu, pihaknya mengaku  sudah menurunkan tim survey untuk menilai tingkat kerusakan. Dikatakannya, saluran irigasi tersebut segera diperbaiki dengan memperbesar volume saluran, sehingga tidak tersumbat lagi. Perbaikan tersebut dengan menyiapkan beton U, pemasangan knockdown, agar tidak lama terjadi penutupan jalan.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.  Minggu ini kami akan kerjakan,” terangnya. (338)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.