Penutupan Bulan Bung Karno 2022 Pemkot Denpasar Pentaskan Wijaya Bang Sweta Puja

bulan bung karno1
Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa saat menghadiri malam inaugurasi Bulan Bakti Bung Karno 2022 di Dharma Negara Alaya Kota Denpasar. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar menggelar malam inaugurasi Penutupan Bulan Bung Karno 2022 dipusatkan di Dharma Negara Alaya Kota Denpasar. Malam penutupan diisi pementasan bertajuk Wijaya Bang Sweta Puja yang dibawakan seniman muda Kota Denpasar, Kamis (30/6/2022).

Dalam kegiatan ini, juga turut dilakukan penyerahan piagam penghargaan dan hadiah kepada pemenang lomba serangkaian peringatan Bulan Bung Karno dan penyerahan Buku Bulan Bung Karno oleh Camat Denpasar Utara I Wayan Yuswara kepada Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara.

Bacaan Lainnya

Kepala Kesbangpol Kota Denpasar AA Ngurah Gede Darma Putra Atmaja mengatakan, beragam kegiatan telah dilaksanakan serangkaian Bulan Bung Karno di Kota Denpasar, seperti Penanaman Pohon, Lomba Puisi, Lomba Poster Digital dan lainnya.

“Pelaksanaan Bulan Bakti Bung Karno juga dilaksanakan di kecamatan hingga Desa/Kelurahan se-Kota Denpasar,” ujarnya.

Menurut Darma Putra, tema Wijaya Bang Sweta Puja dalam malam inaugurasi ini  mengandung makna spirit merah putih sebagai simbol kemenangan dan kehormatan. Darma Putra menuturkan Wijaya Bang Sweta Puja merupakan sebuah garapan kolaboratif dengan mengusung spirit ajaran Bung Karno demi melanjutkan perjuangan para pejuang terdahulu.

“Garapan ini mengisahkan perjalanan seorang raja kerajaan Bang bernama Sri Nata Jaya Pradiptha yang sedang dirundung kebingungan karena tak dapat membaca teka-teki dalam sebuah peta harta karun, warisan kerajaan Bang,” tuturnya.

Namun berita tersebut akhirnya terdengar oleh seorang Brahmana yang ditakdirkan. Dimana, hanya Brahmana seoranglah yang dapat membaca peta tersebut.

“Brahmana tersebut bernama Mpu Petak. Perjalanan Raja Sri Nata Jaya Pradipta dan Mpu Petak pun dimulai,” imbuhnya.

Sementara Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menambahkan malam acara inaugurasi Bulan Bung Karno di Gedung Dharma Negara Alaya ini dilaksanakan untuk mengenang hari yang sangat bersejarah. Dimana wafatnya  Proklamator Ir Soekarno yang akrab disapa Bung Karno yaitu pada 21 juni 1970.

“Acara ini adalah sebagai bentuk implementasi visi dan misi Pemerintah Kota Denpasar yaitu Vasudhaiva Khutumbhakam yang bermakna kita semua bersaudara, menjalin persaudaraan sesama warga di Kota Denpasar. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatan kreativitas pada bidang seni khususnya pada generasi muda,” imbuh Jaya Negara.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk menunjukkan rasa hormat dan bhakti kepada Bung Karno sebagai bapak pendiri bangsa dengan ajaran Trisakti Bung Karno. Yakni berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, berkepribadian dalam kebudayaan, maka Pemkot Denpasar menyelenggarakan kegiatan bulan Bung Karno, dengan tujuan untuk memperkuat nilai gotong-royong, menguatkan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan UMKM, IKM dan industri kreatif.

Selain itu, melalui kegiatan ini secara berkelanjutan mampu melestarikan budaya khususnya di Kota Denpasar, meningkatkan kearifan lokal, kecintaan terhadap Kota Denpasar dan NKRI serta mewujudkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dari sejak dini khususnya pada generasi muda Kota Denpasar.

Jaya Negara berharap acara inaugurasi Bulan Bung Karno ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan pengembangan pelaksanaan nilai –nilai luhur dan kesadaran berbangsa serta bernegara yang berlandaskan 4 konsensus dasar bernegara, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Untuk itu saya berharap peringatan hari Bulan Bung Karno ini  menjadi momentum evaluasi diri, yang menjadi fondasi untuk melahirkan jiwa nasionalisme, menyama braya dan gotong royong  di antara masyarakat Kota Denpasar,” tandas Jaya Negara. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.